Kesehatan

Sayur Kangkung Bikin Ngantuk?

Share Yuk!

Sayur Kangkung Bikin NgantukSudah sejak lama orang mengenal mitos kangkung bikin ngantuk (jika dikonsumsi dalam jumlah banyak), karena zat besi yang dikandungnya atau karena serat kangkung sukar dicerna. Ternyata, anggapan ini salah!

Kenyataannya, semua daun yang memiliki klorofil mengandung zat besi di setiap inti selnya. Tetapi, kalau kita amati, tidak semua daun berklorofil membuat kita mengantuk, kan? Contohnya bayam, selada, sawi, katuk, dsb. Jadi, Fe atau zat besi bukan penyebab kantuk.

Bagaimana dengan serat kangkung?

Kangkung memang daun yang berserat dan cukup sulit untuk dicerna. Orang-orang selama ini sering beranggapan bahwa serat yang sulit dicerna ini menyebabkan tubuh kita membutuhkan lebih banyak oksigen. Logikanya, oksigen yang menuju kepala akhirnya diserap ke perut dan usus untuk membantu pencernaan kangkung. Tapi, lagi-lagi ini juga bukan penyebab kantuk!

Buktinya, bayam, sawi hijau, yang banyak seratnya juga tidak menyebabkan kantuk. Nah, kan?

Selama ini, kita mungkin hanya berpegang pada pendapat Ny. Kloppenburg-Verstegh yang menganjurkan kangkung sebagai obat penenang saraf tegang bagi mereka yang sulit tidur, gelisah, atau gugup. Padahal, menurut ahli, kebanyakan makan kangkung bisa menyebabkan keputihan lho!

Nah, kalau begitu,kira-kira apa ya, senyawa yang dapat menyebabkan kantuk itu?

Dari berbagai sumber.

Sumber Gambar : http://benihkangkung.com/uploads/2014/03/benih-kangkung.jpg
Share Yuk!
BACA JUGA:  Cara Menambah Berat Badan Bayi Dalam Kandungan