Penyebab Benjolan Di Payudara (FAM)

Benjolan di payudara merupakan kelainan yang biasa terjadi pada kaum wanita. Benjolan di payudara atau biasa juga disebut dengan FAM (fibroadenomamammae) adalah jenis tumor jinak yang tidak mematikan. Fam atau benjolan di payudara jenis ini biasanya berisi gumpalan lemak yang terbungkus oleh suatu wadah yang menyerupai sebuah kantong. Tumor jenis ini termasuk jenis tumor jinak yang tidak berbahaya .

Penyebab Benjolan Di Payudara

Sifat benjolan di payudara atau FAM biasanya berbentuk bulat seperti kelereng dan konsistensinya kenyal seperti bakso karena berisi lemak. Meskipun benjolan ini termasuk dalam jenis tumor jinak, namun jika tidak segera diobati tentunya akan sangat mengganggu dan meresahkan penderitanya serta bisa berakibat fatal pada kesehatan tubuh. Sifatnya yang jinak juga sering membuat penderita kurang tanggap untuk melakukan pengobatan.

Ada beberapa hal yang menjadi faktor penyebab terjadinya benjolan di payudara (FAM), diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Keturunan dari keluarga

Dari beberapa kejadian yang pernah terjadi dapat disimpulkan bahwa seorang wanita yang berasal dari keturunan yang menderita tumor payudara akan cenderung lebih mudah terserang tumor payudara dibandingkan dengan wanita yang tidak mempunyai faktor keturunan.

2. Kelebihan berat badan atau obesitas

Berat badan yang terlalu berlebih dapat meningkatkan resiko terkena penyakit tumor payudara khususnya bagi kaum wanita memasuki masa menopause. Hal ini disebabkan karena tubuh mengalami kelebihan lemak yang akan menyebabkan peningkatan kadar hormon estrogen dan insulin penyebab tumor payudara.

3. Faktor usia

Seorang wanita dengan usia yang semakin bertambah dan mengalami keterlambatan menopause akan cenderung lebih mudah mengalami tumor payudara.

4. Faktor persalinan

Seorang wanita yang mengalami keterlambatan dalam proses persalinan akan memperbesar kemungkinan dirinya terserang tumor payudara.

5. Akibat terkena radiasi

Terlalu sering menggunakan alat yang disebut dengan X-Ray apalagi sampai menggunakannya sebagai terapi akan memicu seseorang mudah terkena radiasi pada tubuhnya dan mudah terkena penyakit tumor payudara.

6. Stress

Stress merupakan hal normal jika seseorang mampu mengendalikannya dan mengaturnya dengan cara yang benar dan positif. Namun jika Anda membiarkan diri Anda mengalami stress dalam pikiran yang negatif atau tidak baik, maka hal itu akan menimbulkan efek tidak baik atau menarik energi-energi negatif sehingga tidak menutup kemungkinan terserang tumor payudara.

7. Mengkonsumsi alkohol

Alkohol merupakan jenis minuman keras yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh termasuk kesehatan payudara. Selain dapat membuat tubuh menjadi mudah capek, alkohol juga dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh tidak bekerja dengan baik. Akibatnya virus akan dapat dengan mudah melewati sistem kekebalan tubuh dan menjadikan Anda mudah terserang penyakit.

Semoga informasi mengenai penyebab benjolan di payudara (FAM) tersebut bisa bermanfaat bagi para pembaca khususnya kaum wanita agar terhindar dari penyakit tumor payudara.

sumber gambar : http://assets.nydailynews.com/polopoly_fs/1.1415651.1375449109!/img/httpImage/image.jpg_gen/derivatives/landscape_635/144290179.jpg

11 thoughts on “Penyebab Benjolan Di Payudara (FAM)”

  1. Dok sya mw tnnya..sya skitar 3mnggu yg llu hbs oprasi pngangkatan fam..dan hsil leb.ny tnyata jinak,yg mw sya tnyakn..kira2 mkann apa yg hrs sya pantang stelah oprasi fam..
    Trima ksih..sblm.ny

    Reply
  2. Dok sya mw tnnya..sya skitar 3mnggu yg llu hbs oprasi pngangkatan fam..dan hsil leb.ny tnyata jinak,yg mw sya tnyakn..kira2 mkann apa yg hrs sya pantang stelah oprasi fam..
    Trima ksih..sblm.ny

    Reply
  3. Sore dok.mau tanya dok.adik saya di ponis dokter katany dia fam.di sarankan untuk oprasi.gimana dok apagak bisa penyembuhan selain oprasi.misalkan dengan obat medis tapi apa bisa sampai sembuh total dengan obat?

    Reply
  4. .Assalamu’alaikum dok,
    Saya menderita tumor Jinak atau Fam… sudah dioperasi. Tapi apakah masih bisa tumbuh setelah operasi. Atau sudah hilang penyakitnya.
    Terimakasih dok.

    Reply
  5. Selamat siank dok saya mengalami fam baru terasa seblan ini, saran yang bagus di oprasi atau didiamkan saja karna saya takut sekali dengan oprasi

    Reply
  6. dok mau tanyak donk, apakah fam akan berubah jadi kanker yang ganas atau tidak?, dan apakah harus operasi??

    Reply
    • selamat sore,
      fam bisa dianggap tumor jinak tapi tidak menutup kemungkinan menjadi ganas bila tidak diatasi baik diangkat atau menjaga makanan dan minuman yang di konsumsi.tergantung fam nya biasanya akan terlihat ganas atau tidak setelah hasil pengangkatan di masukkan ke lab untuk di analisa lebih lanjut.kalau boleh saya tau fam nya sudah sebesar apa?mba tidak menjelaskan detail.
      bila mba takut di operasi hindari mulai dari sekarang makanan seperti ayam,ikan,daging dan mengandung msg,soda perbanyak makanan buah dan sayur.untuk pengobatan herbal bisa menggunakan kapsul daun sirsak atau kapsul daun keladi tikus bisa membantu pencegahan minum secara rutin
      dipondokibu.com ada produk tersebut bila memerlukan bisa hub cs kami do no telp/sms/wa 0813.2887.3888
      demikian informasi yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat terimakasih

  7. cara pengobatan alamia untuk penanganan FAM bisa dilakukan dengan seperti apa dok? mohon respon nya..
    karena saya tipe orang yang takut untuk operasi.

    Reply
    • selamat siang,
      mba chintia, hindari makanan yang mengandung MSG,ayam,ikan dan minum berwarna dan bersoda.hidup sehar perbanyak makan buah dan sayur serta bisa minum godongan daun sirsak atau minum kapsul daun sirsak bisa mengurangi atau mengecilkan fam. untuk pemesanan silahkan hubungi no telp/sms/wa ke no cs kami 0813.2887.3888
      demikian informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat terimakasih

  8. Mau tanya dok. Istri sy, 1bln stelah melahirkan, trdpat benjolan sbesar biji salak, di bawah kulit payudara. Mnurut bidan, itu infeksi peredaran darah. dan sudah diberikan obat. Saran dokter selanjutnya bagaimana. apa harus ke dokter…? Dokter spesialis apa atau dokter umum…?

    Reply
    • Selamat pagi. Untuk mengetahui apa penyebab benjolan pada kulit bawah payudara dan mengetahui bahaya tidaknya, Anda bisa memeriksakan istri ke dokter. Alangkah baiknya jika Anda memilih dokter Spesialis Patologi Anatomi. Dokter Spesialis ini lebih banyak bekerja di laboratorium, hanya saja yang mereka periksa adalah sel dan jaringan tubuh. Misalnya saja seperti seseorang memiliki benjolan di payudara, maka dokter spesialis ini bisa mengambil contoh benjolan tersebut untuk diperiksa untuk menentukan apakah benjolan tersebut jinak atau ganas. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment