Kesehatan Wanita, Perawatan Payudara

Penyebab Benjolan Di Payudara (FAM)

Share Yuk!

Benjolan di payudara merupakan kelainan yang biasa terjadi pada kaum wanita. Benjolan di payudara atau biasa juga disebut dengan FAM (fibroadenomamammae) adalah jenis tumor jinak yang tidak mematikan. Fam atau benjolan di payudara jenis ini biasanya berisi gumpalan lemak yang terbungkus oleh suatu wadah yang menyerupai sebuah kantong. Tumor jenis ini termasuk jenis tumor jinak yang tidak berbahaya .

Penyebab Benjolan Di Payudara

Sifat benjolan di payudara atau FAM biasanya berbentuk bulat seperti kelereng dan konsistensinya kenyal seperti bakso karena berisi lemak. Meskipun benjolan ini termasuk dalam jenis tumor jinak, namun jika tidak segera diobati tentunya akan sangat mengganggu dan meresahkan penderitanya serta bisa berakibat fatal pada kesehatan tubuh. Sifatnya yang jinak juga sering membuat penderita kurang tanggap untuk melakukan pengobatan.

Ada beberapa hal yang menjadi faktor penyebab terjadinya benjolan di payudara (FAM), diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Keturunan dari keluarga

Dari beberapa kejadian yang pernah terjadi dapat disimpulkan bahwa seorang wanita yang berasal dari keturunan yang menderita tumor payudara akan cenderung lebih mudah terserang tumor payudara dibandingkan dengan wanita yang tidak mempunyai faktor keturunan.

2. Kelebihan berat badan atau obesitas

Berat badan yang terlalu berlebih dapat meningkatkan resiko terkena penyakit tumor payudara khususnya bagi kaum wanita memasuki masa menopause. Hal ini disebabkan karena tubuh mengalami kelebihan lemak yang akan menyebabkan peningkatan kadar hormon estrogen dan insulin penyebab tumor payudara.

3. Faktor usia

Seorang wanita dengan usia yang semakin bertambah dan mengalami keterlambatan menopause akan cenderung lebih mudah mengalami tumor payudara.

4. Faktor persalinan

Seorang wanita yang mengalami keterlambatan dalam proses persalinan akan memperbesar kemungkinan dirinya terserang tumor payudara.

BACA JUGA:  Kenali Jenis Keputihan Anda

5. Akibat terkena radiasi

Terlalu sering menggunakan alat yang disebut dengan X-Ray apalagi sampai menggunakannya sebagai terapi akan memicu seseorang mudah terkena radiasi pada tubuhnya dan mudah terkena penyakit tumor payudara.

6. Stress

Stress merupakan hal normal jika seseorang mampu mengendalikannya dan mengaturnya dengan cara yang benar dan positif. Namun jika Anda membiarkan diri Anda mengalami stress dalam pikiran yang negatif atau tidak baik, maka hal itu akan menimbulkan efek tidak baik atau menarik energi-energi negatif sehingga tidak menutup kemungkinan terserang tumor payudara.

7. Mengkonsumsi alkohol

Alkohol merupakan jenis minuman keras yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh termasuk kesehatan payudara. Selain dapat membuat tubuh menjadi mudah capek, alkohol juga dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh tidak bekerja dengan baik. Akibatnya virus akan dapat dengan mudah melewati sistem kekebalan tubuh dan menjadikan Anda mudah terserang penyakit.

Semoga informasi mengenai penyebab benjolan di payudara (FAM) tersebut bisa bermanfaat bagi para pembaca khususnya kaum wanita agar terhindar dari penyakit tumor payudara.

sumber gambar : http://assets.nydailynews.com/polopoly_fs/1.1415651.1375449109!/img/httpImage/image.jpg_gen/derivatives/landscape_635/144290179.jpg
Share Yuk!

Produk Menarik untuk Anda:

Membesarkan Payudara dengan Hoshi Breast Cream

Membesarkan Payudara dengan Hoshi Breast Cream

Hoshi cream adalah cream pembesar payudara yang sudah lulus uji BPOM yang aman digunakan. Cream ....
ORIS Breast Cream, Cara Aman Mengencangkan Payudara

ORIS Breast Cream, Cara Aman Mengencangkan Payudara

ORIS Breast Cream adalah produk pengencang payudara yang membuatnya tampak lebih besar. Terbuat dari Ekstrak umbi ....
Ayla Breast Care Perawatan Payudara Secara Alami

Ayla Breast Care Perawatan Payudara Secara Alami

Ayla Breast care merupakan krim pengencang, pencerah dan pelembut payudara sehingga terlihat indah dan ideal. Terbuat ....