Kesehatan Wanita

10 Cara Sederhana Merawat Organ Intim Wanita

Organ intim wanita merupakan salah satu organ tubuh wanita yang sangat rentan terkena bakteri dan jamur karena bagian tubuh ini kurang sirkulasi udara sehingga sangat mudah lembab. Oleh sebab itu penting bagi kaum wanita untuk menjaga kebersihan dan kesehatan organ kewanitaan agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang mungkin bisa membahayakan kesehatan kewanitaan.

10 Cara Merawat Organ Intim Wanita

Perawatan organ kewanitaan untuk menjaga kesehatan dan kebersihannya sebenarnya bisa dilakukan melalui beberapa langkah. Cara melakukannya pun cukup sederhana dan tidak sulit. Asalkan dilakukan dengan telaten dan rutin, cara tersebut pastinya akan berdampak sangat baik bagi kesehatan organ kewanitaan dalam jangka waktu panjang. Nah, berikut ini adalah beberapa cara merawat organ intim wanita dengan sederhana.

1. Jangan Membersihkan Menggunakan Sabun

Jangan pernah membersihkan organ kewanitaan menggunakan sabun mandi karena sabun mengandung zat kimia yang bisa merusak keseimbangan pH organ intim wanita. Oleh sebab itu, jika sedang menstruasi sebaiknya cuci organ intim dengan air bersih saja.

2. Jangan Menggunakan Parfum Pada Organ Intim

Untuk mengharumkan organ intim Anda, sebaiknya jangan menggunakan parfum yang disemprotkan pada organ intim. Kandungan alkohol yang terdapat didalamnya justru akan merusak pH organ intim wanita sehingga akan sangat rentan terkena iritasi.

3. Jaga Kebersihan Saat Menstruasi

Saat sedang menstruasi, kebersihan organ kewanitaan adalah hal yang sangat penting. Paling tidak, gantilah pembalut setiap 3-4 jam sekali untuk menghindari bakteri serta kuman berkembang biak dan menyebabkan iritasi.

4. Gunakan Celana Dalam Berbahan Katun

Sebaiknya gunakan celana dalam dengan bahan katun yang mudah menyerap keringat, sehingga organ kewanitaan tetap terjaga kelembabannya. Celana dalam bahan katun juga akan mencegah terjadinya iritasi karena infeksi jamur.

BACA JUGA:  Merapatkan Miss V dengan Herbal Alami

5. Kenakan Pakaian Longgar

Pakaian yang terlalu ketat akan membuat organ intim wanita menjadi lembab. Akibatnya bakteri dan jamur akan lebih mudah tumbuh dan berkembang biak. Selain itu, pakaian yang terlalu ketat juga dapat menyebabkan infeksi dan ruam pada organ intim wanita.

6. Mencukur Rambut Kemaluan

Rajin-rajinlah mencukur rambut kemaluan demi menjaga kesehatan organ intim wanita Anda. Karena rambut kemaluan akan menjadi sarang bakteri dan jamur jika dibiarkan.

7. Lakukan Senam Kegel

Senam kegel dapat membantu wanita untuk mengencangkan otot-otot kewanitaan. Otot yang kuat akan membuat hubungan seksual dengan pasangan menjadi lebih berkualitas.

8. Minum Banyak Air Putih

Air putih sangat baik untuk menjaga kesehatan organ intim wanita karena air akan membantu tubuh untuk membuang bakteri di dalam tubuh dalam bentuk urine.

9. Kunjungi Dokter

Apabila Anda mengalami keganjalan dari organ intim wanita, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Lakukan tindakan mencegah daripada mengobati.

10. Gaya Hidup Sehat

Mengatur gaya hidup sehat perlu dilakukan untuk mengubah kebiasaan buruk yang merugikan. Misalnya dengan mengkonsumsi makanan sehat, tidak merokok, jauhi minuman beralkohol, hindari makanan berlemak dan gula berlebih serta hindari kebiasaan bergonta ganti pasangan. Semua itu akan sangat berguna untuk menghindari penyakit yang menyerang organ intim wanita.

Organ intim wanita adalah bagian tubuh yang sangat penting. Oleh sebab itu, lakukanlah beberapa cara merawat organ intim di atas demi menjaga kesehatan.

sumber gambar : http://4.bp.blogspot.com/-8bUkqwoGDT0/U_8L6NRGeSI/AAAAAAADYy4/vhNfe9uG1EY/s1600/10406874_647899651986205_1466046500523447641_n.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Manjakani Arab 4 in 1 untuk Mengatasi Masalah Kewanitaan

Manjakani Arab 4 in 1 untuk Mengatasi Masalah Kewanitaan

Manjakani Arab Merupakan Ramuan Tradisional yang terbuat dari buah manjakani yang bermanfaat mengatasi berbagai macam ....
Tisu Manjakani, Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Wanita

Tisu Manjakani, Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Wanita

Tisu manjakani di produksi khusus untuk wanita sebagai tisu kesehatan yang dapat digunakan untuk menjaga ....
Sekar Malam-Ramuan Jamu Manjakani Untuk Kebahagiaan Suami Istri

Sekar Malam-Ramuan Jamu Manjakani Untuk Kebahagiaan Suami Istri

SEKAR MALAM adalah ramuan jamu manjakani yang berkhasiat untuk mengatasi masalah-masalah kewanitaan sehingga dapat menciptakan ....