Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

Pola Makan Sehat Saat Hamil Pengaruhi Kesehatan Janin

Persiapan bagi kaum ibu memasuki masa kehamilan harus benar-benar diperhatikan baik dari persiapan secara fisik maupun psikis. Dalam memperhatikan kesiapan fisik Anda, seorang wanita juga harus menjaga pola makan sehat selama masa kehamilan. Pola makan sehat bertujuan untuk menunjang kehamilan Anda agar janin yang ada dalam kandungan dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat.

Kebutuhan nutrisi yang seimbang pada ibu hamil selama masa kehamilan juga bisa membantu Anda dalam menjaga perkembangan janin, sedangkan berdasarkan penelitian juga mengungkapkan bahwa pola makan sehat juga dapat mempengaruhi tingkah laku anak. Pola makan yang tidak selama masa kehamilan dapat membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin karena akan mengalami kekurangan nutrisi, bahkan dapat berpengaruh pada gangguan perilaku anak. Oleh sebab itu, penting bagi ibu hamil memperhatikan pola makan sehat selama masa kehamilan.

Pola Makan Sehat Bagi Ibu Hamil

Pola makan sehat harus diterapkan sejak sebelum Anda memasuki masa kehamilan. Sehingga, pada saat ibu memasuki masa kehamilan kondisi ibu hamil benar-benar sehat, fit dan memiliki berat badan yang ideal untuk menjalani kehamilannya. Patokan pola makan sehat bagi ibu hamil diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Jumlah porsi makan harus cukup, tidak kurang dan juga tidak lebih

Kebutuhan energy pada ibu hamil di masa kehamilan trimester pertama adalah 1900-2000 kalori setiap harinya, setara dengan menambah 1 potong daging sapi seberat 50 gram atau 2 buh apel.

Memasuki kehamilan trimester ke 2 dan 3, kebutuhan kalori untuk ibu hamil meningkat menjadi 2300-2500 kalori setiap harinya, atau sama dengan menambah porsi makan dengan 100 gram daging ayam atau minum susu sapi 2 gelas.

2. Jenis menu makan harus sehat dan bervariasi

Komposisi menu makanan sehat bagi ibu hamil selama masa kehamilan adalah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin, mineral, lemak, serat dan air dari berbagai variasi bahan makanan seperti makanan pokok, sayuran, lauk pauk, buah-buahan dan air atau susu sebagai penyempurnanya.

BACA JUGA:  Tips Memilih Kosmetik Yang Aman Bagi Ibu Hamil

Selain berbagai macam menu makanan sehat tersebut, ada 4 gizi penting dalam masa kehamilan yang harus dipenuhi.

  • Asam folat : untuk mengurangi resiko kelainan susunan saraf pusat pada janin dalam kandungan.
  • DHA : untuk membantu perkembangan janin seperti perkembangan otak janin, perkembangan plasenta dan menurunkan resiko terjadinya bayi lahir dengan berat badan rendah.
  • Zat besi : bermanfaat untuk pertumbuhan sel darah merah pada janin, pembentukan dan juga fungsi otak janin serta untuk menghindari ibu hamil mengalami anemia karena kekurangan zat besi.
  • Kalsium : Untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada janin serta menurunkan resiko osteoporosis pada ibu hamil.

3. Mengatur waktu atau jadwal makan

Jadwal makan untuk ibu hamil sebaiknya teratur. Jika ibu hamil tidak dapat makan dalam porsi besr 3 kali dalam sehari, ibu hamil bisa makan 6 kali sehari dalam porsi yang kecil-kecil. Usahakan juga untuk tidak melewatkan sarapan pagi yang mengandung banyak protein dan juga kalori. Bisa juga mencoba menu makan cereal yang diperkaya dengan zat besi dan nutrisi. Ibu hamil juga bisa mengkombinasikannya dengan buah-buahan.

Semoga bermanfaat perkembangan janin dan jaga selalu kesehatan ibu hamil. Selain pola makan sehat, ibu hamil juga bisa melakukan jalan pagi serta senam ibu hamil. Semoga masa kehamilan Anda bisa lancar hingga proses persalinan.

sumber gambar : http://family.fimela.com/resources/news/2013/09/03/1249/paging/2201/640xauto-makanan-ibu-hamil-wajib-dikonsumsi-saat-trimester-pertama-130903k-3.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Madu Ibu Hamil Al Mabruroh, Aman Dan Sehat

Madu Ibu Hamil Al Mabruroh, Aman Dan Sehat

Pada awal masa kehamilan, seorang ibu hamil membutuhkan nutrisi yang seimbang untuk melengkapi dan membantu ....
Pompa ASI IQ Baby Manual

Pompa ASI IQ Baby Manual

Manual Breast Pump IQ Baby merupakan pompa asi secara menual dan sangat terjangkau yang terterbuat ....
Penyangga Perut Ibu Hamil Anannda

Penyangga Perut Ibu Hamil Anannda

Sabuk Penyangga Perut Ibu Hamil adalah sabuk untuk penyangga perut ibu hamil yang mempunyai fungsi untuk ....