Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

Pantangan Untuk Ibu Hamil

Share Yuk!

Masa kehamilan adalah masa yang paling ditunggu oleh seorang wanita apalagi bagi mereka yang baru saja menikah. Masa kehamilan juga menjadi anugerah yang tidak terkira dari Tuhan Yang Maha Kuasa yang harus diperhatikan dan harus dijaga dengan baik hingga bayi lahir ke dunia dalam keadaan sehat.

Pantangan Bagi Ibu Hamil Selama Hamil

Ibu Hamil harus mengetahui apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan selama masa kehamilan. Hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan.

Ada sejumlah makanan, minuman dan aktivitas yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil selama masa kehamilan. Karena jika dilakukan dapat membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungan. Beberapa pantangan ibu hamil tersebut diantaranya sebagai berikut.

1. Mengkonsumsi Kafein Berlebihan

Bagi Anda kaum wanita yang suka minum kopi sebaiknya hindarilah selama masa kehamilan berlangsung. Asupan kafein yang terlalu berlebihan selama masa kehamilan terutama pada trimester pertama akan sangat berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan janin bahkan bisa menyebabkan keguguran.

2. Mengkonsumsi Minuman Bersoda

Minuman bersoda banyak mengandung kafein, bahan pengawet, fosfat, asam dan gula sehingga sangat disarankan bagi ibu hamil untuk menghindarinya. Sejumlah penyakit juga dapat terpicu oleh minuman bersoda seperti diabetes, jantung dan hipertensi.

3. Merokok dan Mengkonsumsi Minuman Keras

Minuman keras serta kebiasaan merokok akan sangat mengganggu kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan. Telah terbukti ibu hamil yang melakukan kebiasaan buruk tersebut bisa menimbulkan berbagai penyakit bahkan mengalami keguguran.

4. Diet Selama Masa Kehamilan

Melakukan diet selama masa kehamilan dapat membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin. Mengapa? Karena ibu hamil akan kekurangan vitamin, mineral dan zat lainnya yang dibutuhkan selama masa kehamilan.

BACA JUGA:  Adab Berhubungan Intim Dalam Islam

5. Memakai Sepatu Hak Tinggi

Menggunakan sepatu hak tinggi bisa menyebabkan peregangan pada otot-otot di daerah pinggang. Ibu hamil biasanya akan menjadi lebih sering mengeluh rasa sakit pada pinggang. Selain itu, penggunaan sepatu hak tinggi selama masa kehamilan juga dapat mengganggu keseimbangan tubuh, terlebih lagi saat kehamilan sudah semakin besar.

6. Hindari Olahraga Berat

Selama masa kehamilan, sebaiknya ibu hamil menghindari melakukan olahraga yang memicu adrenalin dan membutuhkan konsentrasi tinggi seperti. Sebaiknya ibu hamil melakukan olahraga yang ringan dan tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh seperti berenang atau berendam di kolam, jalan santai di pagi hari atau olahraga yang memang khusus untuk ibu hamil.

Itulah beberapa pantangan ibu hamil yang sangat dianjurkan untuk dihindari selama masa kehamilan demi menjaga kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan.

sumber gambar : http://penulispro.com/uploads/2015/01/Minuman-bersoda.jpg
Share Yuk!

Produk Menarik untuk Anda:

Madu Ibu Hamil Al Mabruroh, Aman Dan Sehat

Madu Ibu Hamil Al Mabruroh, Aman Dan Sehat

Pada awal masa kehamilan, seorang ibu hamil membutuhkan nutrisi yang seimbang untuk melengkapi dan membantu ....
Maternity Pillow, Bantal Ibu Hamil dan Menyusui

Maternity Pillow, Bantal Ibu Hamil dan Menyusui

Maternity pillow merupakan bantal ibu hamil dan ibu menyusui yang bisa memberikan sebuah kenyamanan pada ....