Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

makanan larangan untuk ibu hamilMasa kehamilan adalah masa yang sangat penting dimana ibu hamil harus memperhatikan pola makan yang baik dan makanan sehat yang dikonsumsi. Hal ini penting untuk diperhatikan dengan tujuan untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan kesehatan janin. Namun, perlu diketahui juga bahwa ada beberapa makanan yang harus dijauhi atau dilarang bagi ibu hamil selama masa kehamilan atau perlakuan terhadap beberapa makanan tertentu.

Melakukan diet sehat dan memahami bagaimana cara mengkonsumsi makanan juga dapat mepengaruhi kesehatan ibu hamil dan kesehatan janin selama masa kehamilan. Buah-buahan, sayur-sayuran dan daging adalah makanan sehat sebagai sumber vitamin, nutrisi dan mineral yang penting bagi ibu hamil. Namun, ada juga buah-buahan dan sayur-sayuran tertentu yang lebih baik dihindari oleh ibu hamil selama masa kehamilan.

Berikut ini adalah makanan yang dilarang untuk ibu hamil:

1. Seafood

Seafood adalah makanan yang mengandung omega-3 yang baik bagi kesehatan janin. Namun, penting juga bagi Anda untuk menghindari makanan laut yang mengandung merkuri cukup tinggi. Sebab, merkuri dapat merusak otak bayi. Hindari juga makanan laut seperti ikan hiu, kepiting, udang, king mackerel dan salmon.

2. Makanan Setengah Matang

Ibu hamil sangat penting menghindari makanan mentah atau setengah matang selama masa kehamilan. Makanan setengah matang atau mentah kemungkinan mengandung bakteri dan virus yang dapat mempengaruhi kesehatan ibu hamil dan janin. Sehingga, usahakan untuk memperhatikan tingkat kematangan makanan sebelum dikonsumsi ibu hamil.

3. Makanan yang Tidak Dipasteurisasi

Ibu hamil harus menghindari makanan yang tidak dipasteurisasi (proses pemanasan makanan yang bertujuan untuk membunuh organisme) karena memiliki resiko penyakit bawaan. Oleh sebab itu, ibu hamil selama masa kehamilannya sebaiknya menghindari produk susu yang  tidak dipasteurisasi. Namun Anda dapat mengkonsumsi keju cottage, mozzarella dan susu krim.

4. Kafein, Teh dan Alkohol

Pada masa kehamilan, ibu hamil harus benar-benar menghindari mengkonsumsi minuman beralkohol, kopi dan teh. Hal ini bertujuan untuk mencegah bayi lahir dengan keadaan cacat maupun komplikasi. Ketiga minuman itu juga dapat meningkatkan resiko keguguran bagi ibu hamil.

5. Sayuran dan Buah-buahan Yang Belum Dicuci

Untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin selama masa kehamilan sebaiknya ibu hamil selalu menjaga kebersihan makanan sebelum dimasak maupun dimakan secara langsung dengan cara mencucinya. Sebab makanan yang belum dicuci, tidak menutup kemungkinan bakteri dan kuman akan menempel di makanan dan akhirnya dapat mempengaruhi kehamilan.

Itulah beberapa makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil, semoga dapat menjadi tips bagi Anda untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin selama dalam masa kehamilan. Salam sehat.

PENTING UNTUK ANDA : 

sumber gambar : http://img.chonmua.com/img-lib/1000/deal/product/1/m/9/1m9134432591915.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil adalah Madu alami yang di campur dengan bahan-bahan herbal yang bermanfaat untuk ....