Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

Dampak Pola Makan Sehat Saat Masa Kehamilan

dampak pola makan sehat bagi ibu hamil1Masa kehamilan adalah masa kehidupan yang sangat penting bagi setiap kaum wanita. Ibu hamil yang sehat pastinya juga akan melahirkan bayi yang sehat dan cerdas. Oleh sebab itu, ibu hamil harus memperhatikan makanan sehat seperti apa yang baik dikonsumsi ibu hamil dan bagaimanakah pola makan sehat yang benar saat masa kehamilan.

Pola makan sehat serta variasi makanan sehat yang dikonsumsi oleh ibu hamil sangat berpengaruh pada pertumbuhan serta perkembangan janin dalam kandungan. Apabila ibu hamil memperhatikan pola makan sehat dengan baik, serta memperhatikan asupan nutrisi ibu hamil, maka pertumbuhan dan perkembangan janin akan berlangsung dengan baik tanpa masalah yang berarti.

Dampak pola makan sehat saat hamil

Tidak jarang ibu hamil sering mengalami beberapa keluhan selama masa kehamilan seiring dengan perkembangan janin dan usia kehamilan yang semakin bertambah. Bukan hanya faktor hormonal saja yang membuat ibu hamil sering merasa lelah, varises, sembelit, masalah gusi dan gigi, kram, pusing dan lain sebagianya.

Keluhan ibu hamil tersebut juga bisa terjadi karena asupan gizi dari makanan sehat yang dikonsumsi oleh ibu hamil kurang lengkap atau pola makan sehat yang kurang tepat pula saat masa kehamilan tiba.

Ibu hamil untuk bisa makan secara teratur. Jika ibu hamil tidak dapat mengkonsumsi makanan sehat dalam porsi yang besar 3 kali dalam sehari, maka ibu hamil bisa menerapkan pola makan sehat 6 kali dalam sehari dengan porsi makan yang kecil. Dianjurkan juga bagi ibu hamil untuk selalu makan pagi atau sarapan secara teratur. Makan pagi sangat penting bagi ibu hamil karena bisa memelihara ketahanan tubuh, menjaga kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan serta mempertahankan daya tahan tubuh. Jika ibu hamil tidak membiasakan makan pagi maka kadar gula darah akan menurun, kurang tenaga dan keringat dingin sehingga badan akan menjadi lesu.

Dampak negatif dari pola makan sehat yang kurang tepat dan kurangnya zat gizi secara umum akan sama. Misalnya saja ketika ibu hamil kurang serat maka akan mengakibatkan sembelit. Kurang asupan vitamin C dapat menyebabkan ibu hamil mengalami varises. Kram yang terjadi pada masa kehamilan sering terjadi akibat kurangnya kalsium, mineral dan juga fosfor. Jika kekurangan asupan nutrisi tersebut terjadi pada ibu hamil maka dikhawatirkan dampak negatif tidak hanya dialami oleh ibu hamil, melainkan juga berdampak pada pemenuhan zat gizi dan perkembangan janin dalam kandungan.

Asupan nutrisi ibu hamil dan juga zat gizi akan langsung berdampak pada perkembangan janin. Masa kehamilan trimester pertama adalah masa awal dimana ibu hamil sangat penting untuk memperhatikan kualitas serta kuantitas makanan.Bahkan tidak hanya di awal masa kehamilan saja, namun bulan selanjutnya juga penting untuk membantu perkembangan otak janin agar tumbuh dengan optimal.

PENTING UNTUK ANDA : 

sumber gambar : http://gomtin.com/uploads/2014/08/doan.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Pompa ASI IQ Baby Manual

Pompa ASI IQ Baby Manual

Manual Breast Pump IQ Baby merupakan pompa asi secara menual dan sangat terjangkau yang terterbuat ....
Penyangga Perut Ibu Hamil Anannda

Penyangga Perut Ibu Hamil Anannda

Sabuk Penyangga Perut Ibu Hamil adalah sabuk untuk penyangga perut ibu hamil yang mempunyai fungsi untuk ....