Kanker Serviks, Kesehatan

Penyebab Kanker Serviks Pada Kaum Wanita

Kanker serviks atau kanker leher rahim adalah salah satu penyakit kanker yang sangat ditakuti oleh kaum wanita. Berdasarkan penelitian dari sekian banyak penderita kanker serviks yang ada di Indonesia, penderita kanker serviks telah mencapai sepertiganya. Dan tercatat juga bahwa setiap tahunnya ribuan wanita Indonesia meninggal karena penyakit kanker serviks yang dideritanya. Oleh sebab itulah kanker serviks menempati urutan teratas sebagai penyebab kematian kaum wanita di dunia.

Kanker serviks menyerang kaum wanita tepatnya pada bagian organ reproduksi wanita, lebih tepatnya lagi di daerah leher rahim atau pintu masuk ke daerah rahim yaitu bagian yang cukup sempit di bagian bawah antara rahim dan organ intim wanita.

Penyebab Kanker Serviks Pada Wanita

Penyebab kanker serviks yang perlu untuk diwaspadai adalah faktor keturunan. Seperti penyakit kanker-kanker lainnya, kanker serviks juga dapat diturunkan pada generasi keluarga selanjutnya. Jika seorang ibu pernah mengalami kanker serviks dan kemudian melahirkan anak, maka anak yang dilahirkan tersebut memiliki resiko terkena penyakit kanker serviks. Penyebab kanker serviks pada kaum wanita yang lain diantaranya adalah :

1. Infeksi Virus Human Papilloma (HPV)

Penyebab kanker serviks atau disebut juga dengan kanker leher rahim terbesar selain faktor keturunan adalah infeksi HPV yang ditularkan melalui hubungan seksual. Seorang wanita bisa saja terinfeksi virus ini pada usia muda yaitu usia belasan tahun dan baru diketahui menderita penyakit kanker serviks infeksi kanker menyebar yaitu 20 atau 30 tahun kemudian.

2. Hubungan Seksual Sebelum Usia 20 Tahun

Pada usia 12-20 tahun, organ reproduksi wanita sedang berkembang secara aktif. Idealnya, pada saat sel sedang membelah secara aktif, seharusnya organ reproduksi tidak menerima rangsangan apa pun dari luar. Jika organ reproduksi wanita mendapatkan kontak atau rangsangan dari luar seperti sperma dan lain sebagainya maka hal itu bisa memicu perubahan sifat sel menjadi tidak normal. Sel yang tumbuh dengan tidak normal inilah yang memiliki kemungkinan besar dapat bertambah banyak jika terdapat luka saat berhubungan seksual. Sel abnormal inilah yang akhirnya berpotensi tinggi menyebabkan kanker serviks atau kanker mulut rahim.

BACA JUGA:  Herba Alami untuk Mencegah Kanker Serviks

3. Nikotin

Sel-sel mulut rahim yang teracuni nikotin dalam darahnya juga mempunyai kecenderungan mempengaruhi selaput lendir dalam tubuh, termasuk pada selaput lendir mulut rahim yang bisa memicu abnormalitas sel di mulut rahim. Sehingga resiko kanker rahim atau kanker serviks lebih tinggi pada wanita perokok.

4. Terlalu Sering Menggunakan Pembersih Kewanitaan

Tidak semua bakteri dapat merugikan. Ada juga beberapa bakteri dalam organ intim wanita yang berfungsi untuk membunuh bakteri yang merugikan kesehatan tubuh. Jika wanita terlalu sering menggunakan sabun pembersih organ intim wanita, maka bakteri baik itu pun akan mati. Selain itu, sabun pembersih organ intim wanita juga bisa menyebabkan iritasi karena kulit pada mulut rahim sangatlah tipis sehingga iritasi yang ditimbulkan bisa memicu terjadinya abnormalitas sel. Kondisi seperti inilah yang rentan memicu kanker serviks atau kanker mulut rahim.

Itulah informasi sekilas mengenai penyebab kanker serviks pada kaum wanita, mudah-mudahan bisa memberikan banyak manfaat bagi pembaca dan juga bagi penderita kanker serviks. Salam sehat.

sumber gambar : http://genderspanner.files.wordpress.com/2013/02/female-toilet-sign.jpg?w=427&h=614

Produk Menarik untuk Anda:

Obat Herbal Xanmax’s Obat Kanker Alami

Obat Herbal Xanmax’s Obat Kanker Alami

XanMax’s merupakan salah satu obat kanker alami yang terbuat dari bahan-bahan yang berkhasiat untuk menyembuhkan ....
Kapsul Ekstrak Daun Sirsak Menyembuhkan Berbagai Jenis Penyakit Kanker

Kapsul Ekstrak Daun Sirsak Menyembuhkan Berbagai Jenis Penyakit Kanker

Kapsul Daun Sirsak merupakan kapsul herbal tebuat dari bahan-bahan alami yang berfungsi untuk mengobati penyakit ....
Natural Crystal-X Solusi Cerdas Mencegah dan Mengobati Masalah Kewanitaan

Natural Crystal-X Solusi Cerdas Mencegah dan Mengobati Masalah Kewanitaan

Natural Crystal–X adalah solusi cerdas untuk mencegah dan mengobati masalah organ kewanitaan. Seperti mengaktifkan dan melenturkan kembali ....