Kesehatan Wanita

Benjolan Merah Di Daerah Organ Intim Wanita

benjolan merah pada organ intim wanitaMungkin Anda sebagai seorang wanita akan merasa panik jika tanpa sadar menemukan sebuah benjolan merah seperti jerawat pada daerah organ intimnya. Kadang hanya terlihat memerah, namun di saat lain juga bisa membentuk seperti jerawat yang matang. Rasa nyerinya pasti akan sangat mengganggu kesehatan tubuh dan segala aktivitas Anda apalagi saat Anda sedang mengenakan celana jeans.

Benjolan Pada Organ Kewanitaan

Benjolan merah yang mirip jerawat di daerah organ intim wanita sebenarnya sering dialami oleh kaum wanita. Jerawat ini disebut dengan Hidradenitis Suppurativa. Berbeda dengan jerawat di wajah, jika jerawat di wajah melibatkan kelenjar minyak, maka jerawat pada daerah organ intim wanita ini berhubungan dengan kelenjar keringat atau (apokrin). Kelenjar ini bisa membentuk seperti jerawat ketika sedang tersumbat.

Lalu, mengapa benjolan ini bisa muncul dan apa yang menyebabkan munculnya benjolan merah di daerah organ intim wanita?

1. Keringat

Keringat merupakan salah satu penyebab utama munculnya benjolan merah atau jerawat pada organ intim wanita. Keringat pada area selangkangan akan mengumpulkan banyak bakteri yang dapat menyebabkan terjadinya peradangan dari pori-pori keringat dan akhirnya menyebabkan tumbuhnya jerawat. Jika hal itu terjadi, cara mengatasinya adalah dengan mengenakan celana dalam yang berbahan katun sehingga bisa menyerap keringat dengan baik.

2. Celana dalam yang ketat

Jika celana dalam yang Anda kenakan terlalu ketat, maka sirkulasi udara pun tidak aka nada sehingga menyebabkan timbulnya keringat sebagai sumber bakteri. Selain itu, celana dalam yang ketat juga dapat menimbulkan gesekan dengan kulit di daerah organ intim wanita yang bisa saja menyebabkan lecet. Jika terpapar oleh bakteri, bagian yang mengalami infeksi tadi akhirnya menyebabkan jerawat atau benjolan merah.

3. Tidak rajin dalam mengganti pembalut

Rajinlah mengganti pembalut saat haid. Jangan mengganti pembalut ketika sudah penuh dengan cairan darah saja. Ganti pembalut setiap 4 jam sekali, hal itu bertujuan untuk menghindari kelembapan pada kulit. Jika kulit di daerah organ intim wanita Anda lembab dan teriritasi, terjadi luka atau terpapar bakteri maka bakteri ini bisa saja menyebar ke bagian tubuh yang lain.

4. Rambut yang tumbuh ke dalam

Bulu pubis atau Ingrown hair yang tumbuh ke dalam biasanya disebabkan oleh kebiasaan orang yang mencukur bulu di daerah intim tersebut atau tanpa sengaja gerakan yang Anda lakukan membuat rambut tersebut tercabut. Saat Anda mencukur rambut tersebut, bisa saja alat cukut menggores pori-pori. Kemudian, selama dalam proses pemulihan pori-pori tersebut dapat menutup dan membawa serta folikel rambut. Hal inilah yang bisa menjadikan munculnya benjolan merah mirip jerawat pada organ intim wanita.

5. Siklus hormonal

Hormon progesteron mempunyai efek yang sama bagi kelenjar apokrin, seperti halnya kelenjar minyak pada wajah. Tingkat hormon progesteron yang tinggi akan dapat memancarkan ketidakseimbangan hormon pada tubuh kaum wanita yang kemudian akumulasi lemak pada pori-pori. Lalu pori-pori ini akan meradang dan munculah benjolan merah mirip jerawat pada daerah organ intim wanita.

6. Mengkonsumsi makanan tertentu

Cobalah untuk mengingat, apakah sebelum benjolan merah itu tumbuh pada daerah organ intim wanita, Anda baru saja mengkonsumsi makanan seperti mayones, margarin atau telur secara berlebihan? Jenis makanan tersebut merupakan makanan yang banyak mengandung lemak tinggi, sehingga mungkin saja dapat menyumbat pori-pori yang akhirnya menyebabkan jerawat pada daerah kewanitaan.

Masih ada beberapa penyebab lain yang bisa menyebabkan jerawat atau benjolan merah pada organ intim wanita yang tentunya sangat mengganggu kesehatan tubuh. Untuk itu, perhatikanlah kesehatan tubuh khususnya daerah organ intim wanita Anda agar terhindar dari berbagai macam gangguan. Salam sehat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://4.bp.blogspot.com/-ID1SY9hRLqQ/UZ9zl3HpaoI/AAAAAAAAAsU/PIX8cu3rBa4/s1600/bartholini3.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Tisu Manjakani, Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Wanita

Tisu Manjakani, Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Wanita

Tisu manjakani di produksi khusus untuk wanita sebagai tisu kesehatan yang dapat digunakan untuk menjaga ....
LadyFem, Obat Keputihan yang Aman dan Alami

LadyFem, Obat Keputihan yang Aman dan Alami

LadyFem, di racik dari perpaduan bahan-bahan alami yang aman untuk dikonsumsi. Suplemen wanita dewasa ini ....
Sekar Malam-Ramuan Jamu Manjakani Untuk Kebahagiaan Suami Istri

Sekar Malam-Ramuan Jamu Manjakani Untuk Kebahagiaan Suami Istri

SEKAR MALAM adalah ramuan jamu manjakani yang berkhasiat untuk mengatasi masalah-masalah kewanitaan sehingga dapat menciptakan ....