Pola Makan Sehat Selama Berpuasa

pola makan sehatSelama menjalankan ibadah puasa tubuh akan mengalami perubahan fisiologis yang disebabkan karena perubahan jam makan. Perubahan jam makan tersebut akan memiliki efek yang baik bagi kesehatan tubuh jika kita merencanakan pola makan sehat yang baik selama berpuasa. Yang paling penting adalah pengaturan waktu makan. Makanlah sahur mendekati imsak dan segeralah berbuka saat waktu maghrib sudah tiba agar perut tidak semakin lama lagi dalam keadaan kosong, itulah anjuran dari Nabi Muhammad SAW.

Pada saat berpuasa, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan apapun selama 14 jam sehingga menyebabkan energi di dalam tubuh kita diperoleh dari hasil pemecahan cadangan energi yang tersimpan di dalam tubuh. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk mengkonsumsi makanan bergizi dan mengatur pola makan sehat demi menjaga kesehatan tubuh saat berpuasa agar kita tidak akan kehabisan cadangan energi.

Diet seimbang

Disarankan bagi kita semua yang menjalankan puasa untuk mengkonsumsi makanan diet seimbang pada saat berbuka dan sahur. Makanan yang dikonsumsi harus memenuhi kebutuhan tubuh yaitu meliputi karbohidrat, protein, lemak dan kelompok makanan sehat lainnya seperti berikut ini :

  • Buah-buahan
  • Sayur-sayuran
  • Kentang, roti atau sereal
  • Ikan, daging dan lain sebagainya
  • Susu dan produk susu lainnya
  • Makanan yang mengandung gula dan lemak yang cukup, tidak berlebihan

Selain makanan sehat diatas, konsumsilah juga makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti gandum dan kacang-kacangan sehingga dapat membantu tubuh Anda dalam memproduksi energy secara stabil dan bertahap. Dengan demikian, tubuh Anda akan memiliki energi yang cukup selama menjalankan puasa.

Selain itu, hindari juga makanan yang mengandung seperti gorengan, makanan berlemak dan makanan yang terlalu banyak gula atau garam. Hindari juga minuman yang mengandung kafein seperti kopi, the dan juga minuman bersoda. Cafein dapat menyebabkan cairan tubuh cepat hilang sehingga akan membuat Anda cepat merasa haus.

Itulah beberapa tips mengatur pola makan sehat selama berpuasa agar kesehatan tubuh tetap terjaga meskipun Anda sedang menjalankan puasa. Semoga puasa Anda tetap optimal dan tubuh juga tetap sehat bugar.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://alterapars1.ru/media/524d8b8ef9cd0e906d26c34f-9d4788f3e4f4331a47fbdc7b9771a61b.jpg
Madu Asli Al-Shifa Membantu Menjaga Kesehatan Tubuh

Madu Asli Al-Shifa Membantu Menjaga Kesehatan Tubuh

Madu asli al-shifa merupakan madu asli yang langsung diimpor dari Saudi Arabia. Madu asli al-shifa ....
Rp 100.000 Beli
Frutablend, Menjaga Daya Tahan Tubuh Dan Kesehatan Jantung

Frutablend, Menjaga Daya Tahan Tubuh Dan Kesehatan Jantung

Deskripsi Produk : Frutablend adalah kapsul herbal yang diracik dari 22 macam jenis sayuran dan ....
Rp 195.000 Beli
Duo Berry, Untuk Perawatan Tubuh Dari Dalam

Duo Berry, Untuk Perawatan Tubuh Dari Dalam

Duo berry adalah cara aman untuk memperoleh tubuh yang sehat dan tampak lebih muda. Duo ....
Rp 150.000 Beli

Komentar