Pendidikan & Psikologi

Penyebab Iri Pada Anak

Share Yuk!

Penyebab Iri Pada AnakSebenarnya, adalah hal yang lumrah bagi anak-anak jika mereka iri pada saudara atau temannya. Kita sebagai orangtualah yang dituntut untuk bersikap bijak menghadapi mereka dan mengarahkan mereka ke arah yang lebih baik. Dan yang pertama harus kita lakukan adalah: mengenal penyebab iri hati pada anak-anak.

Apa sajakah itu?

Merasa kehilangan kasih sayang. Kasih sayang dan cinta adalah kebutuhan anak yang paling pokok.  Ketika ia merasa kehilangan kasih sayang dan tidak menjadi pusat perhatian, ia akan merasa iri pada anak lain atau pada saudaranya. Kehadiran adik baru, misalnya. Itu bisa menjadi pemicu munculnya iri hati pada anak-anak. Sikap yang bijak adalah dengan memberinya waktu khusus untuk berdua dengan Anda, juga memberinya pengertian, bahwa Anda pun tetap akan selalu mencintainya.

Dibanding-bandingkan dengan anak lain. Ini adalah kesalahan fatal yang sering kali dilakukan oleh orang tua. Tidak ada anak yang suka dibanding-bandingkan dengan anak lain, meski itu saudaranya sendiri sekalipun.

Rasa iri ini biasanya mereka pendam pada mulanya. Namun,pada suatu waktu,rasa iri dan cemburu ini akan memuncak dan lahirlah sikap-sikap di luar batas seperti memukul,mengusili, dsb, yang pada akhirnya sebagai orangtua kita mengecap anak tersebut nakal, bandel. Padahal, sebetulnya sikap-sikap tadi tidak bisa kita tafsirkan sebagai bentuk kebencian mereka.

Bahu membahu. Keluarga adalah sekolah pertama dan utama bagi seorang anak. Siapa saja gurunya? Tentu Anda sebagai ayah dan ibunya. Bukan pengasuh atau pembantu Anda. Andalah yang wajib dan berhak untuk memberikan mereka pendidikan yang baik dan benar serta menanamkan nilai-nilai dan asas-asas utama kehidupan sejak usia dini mereka.

Sumber Gambar : http://bethongminh.vn/uploads/thumnail/3-214-childrenfull_.jpg
Share Yuk!

BACA JUGA:  Biasakanlah Berkata Jujur Pada Anak Kita