Penyebab Iri Pada Anak

Penyebab Iri Pada AnakSebenarnya, adalah hal yang lumrah bagi anak-anak jika mereka iri pada saudara atau temannya. Kita sebagai orangtualah yang dituntut untuk bersikap bijak menghadapi mereka dan mengarahkan mereka ke arah yang lebih baik. Dan yang pertama harus kita lakukan adalah: mengenal penyebab iri hati pada anak-anak.

Apa sajakah itu?

Merasa kehilangan kasih sayang. Kasih sayang dan cinta adalah kebutuhan anak yang paling pokok.  Ketika ia merasa kehilangan kasih sayang dan tidak menjadi pusat perhatian, ia akan merasa iri pada anak lain atau pada saudaranya. Kehadiran adik baru, misalnya. Itu bisa menjadi pemicu munculnya iri hati pada anak-anak. Sikap yang bijak adalah dengan memberinya waktu khusus untuk berdua dengan Anda, juga memberinya pengertian, bahwa Anda pun tetap akan selalu mencintainya.

Dibanding-bandingkan dengan anak lain. Ini adalah kesalahan fatal yang sering kali dilakukan oleh orang tua. Tidak ada anak yang suka dibanding-bandingkan dengan anak lain, meski itu saudaranya sendiri sekalipun.

Rasa iri ini biasanya mereka pendam pada mulanya. Namun,pada suatu waktu,rasa iri dan cemburu ini akan memuncak dan lahirlah sikap-sikap di luar batas seperti memukul,mengusili, dsb, yang pada akhirnya sebagai orangtua kita mengecap anak tersebut nakal, bandel. Padahal, sebetulnya sikap-sikap tadi tidak bisa kita tafsirkan sebagai bentuk kebencian mereka.

Bahu membahu. Keluarga adalah sekolah pertama dan utama bagi seorang anak. Siapa saja gurunya? Tentu Anda sebagai ayah dan ibunya. Bukan pengasuh atau pembantu Anda. Andalah yang wajib dan berhak untuk memberikan mereka pendidikan yang baik dan benar serta menanamkan nilai-nilai dan asas-asas utama kehidupan sejak usia dini mereka.

Sumber Gambar : http://bethongminh.vn/uploads/thumnail/3-214-childrenfull_.jpg

4 thoughts on “Penyebab Iri Pada Anak”

  1. Sebagai orang tua kita memang harus adil memperlakukan anak kita. namun agak susah juga dalam pelaksanaannya, karena yang kecil kadang gak mau ngerti kalau dia kurang diperhatikan.

    Reply
  2. Kadang susah juga sih, maksud hati sih mau adil bagi kasih sayang, tp kan anak yg lebih kecil lebih butuh perahtain lebih, nah yg lebih gede iri deh. Yah pokoknya usaha aja berikan yg terbaik buat anak, makannya, kasih sayangnya, perhatiannya….yg penting anak tumbuh sehat

    Reply
  3. lucu juga liat anak kecil2 da bisa iri, seperti anak pertama saya yg iri pas adenya lahir, nempel trus minta digendong. Sampai sekarang juga masih suka iri klo saya suapin adenya makan. Aku sih berusaha adil dan memberikan makanan sesuai kebutuhan mereka.

    Reply

Leave a Comment