Permainan Anak

Belajar Berhitung Sambil Bermain

belajar berhitung sambil bermainBelajar berhitung memang tidak harus selalu di dalam ruangan atau kelas. Dimana saja, kita bisa mengajarkan anak-anak usia prasekolah kita untuk berhitung dan mengenal angka.

Salah satu metode yang sering kita gunakan untuk mengajarkan anak berhitung adalah dengan drama atau bermain peran. Anak-anak biasanya tertarik untuk mengikuti tingkah orang dewasa. Mereka senang mengamati bagaimana orang dewasa melakukan transaksi jual beli, menerima telepon, dsb.

Pada permainan ini, anak-anak kita minta berpura-pura menjadi seorang pedagang yang menjual barang-barang. Nah, kita bisa ikut andil dengan berperan sebagai pembelinya. Berpura-puralah membeli dagangannya dan bertanya berapa barang yang ia miliki. Minta si kecil menghitung sendiri barangnya.

Di dalam kelas, Anda juga bisa mempraktekkan ini bersama dengan anak-anak lain. Bagilah menjadi 2 kelompok. Satu kelompok menjadi penjual, dan satu kelompok lain menjadi pembelinya. Pantau dan bantu mereka saat kesulitan menghitung. Anda boleh meminta anak-anak dengan kemampuan lebih untuk membantu kawannya yang belum bisa berhitung dengan baik. Dengan begitu, Anda telah mengajarkan kerja sama pada mereka.

Nah, belajar berhitung menjadi lebih mudah dan menyenangkan, bukan?

Sumber Gambar : http://www.urbanchildinstitute.org/sites/all/files/200264414-001Web.jpg