Pendidikan & Psikologi

Tips Agar Anak Siap Di Hari Pertama Sekolah

tips-agar-anak-siap-di-hari-pertama-sekolah

Di hari pertama sekolah anak biasanya para orang tua juga ikut khawatir. Karena takut akan sang anak yang tidak dapat bersosialisasi dengan baik atau mungkin tidak bisa mengikuti pelajaran. Jika orang tua masih merasa khawatir ada baiknya anda mengantarkan sang anak untuk masuk ke sekolah pertama kalinya. Selain lebih membuat anda tenang juga bisa memberi semangat sang anak menghadapi hari pertamanya di sekolah. Berikut ini ada beberapa tips agar sang anak siap di hari pertama sekolah.

1. Mengunjungi Sekolah Sebelumnya

Agar sang anak lebih siap di hari pertama sekolah anda bisa mengajak sang anak satu hari sebelumnya atau beberapa hari sebelumnya untuk mengunjungi sekolah. Hal tersebut dilakukan agar sang anak bisa lebih mengenal sekolahnya, lingungan dan juga kelas. Hal tersebut juga bisa mengantisipasi jika agar sang anak tidak salah kelas atau salah masuk ruangan karena masih ragu untuk bertanya pada orang yang baru dikenalnya.

2. Kenalkan Anak Dengan Calon Gurunya

Anda bisa mengajak sang anak untuk menemui calon gurunya sebelum proses belajar mengajar dimulai. Anda bisa menceritakan bagaimana anak anda agar sang guru dapat memahami anak anda dan agar dengan mudah menyerap pelajaran dari sang guru. Hal tersebut juga bisa menjalin silahturahmi antara anda dan guru juga anak anda dan gurunya. Selain itu hal tersebut juga bisa membuat sang anak lebih mengenal dengan guru yang akan mendidiknya di sekolah kelak.

3. Latih Kemandirian Anak

Hari pertama masuk sekolah merupakan hari yang penting bagi anak. Oleh karena itu biasakan sang anak agar bangun pagi dan mempersiapkan segala kebutuhan ke sekolah. Misalnya saja buku pelajaran, alat tulis dan lain sebagainya. Ajari juga sang anak untuk memakai seragam sekolahnya sendiri. Dengan mengajarkan beberapa hal tersebut akan membuat sang anak lebih mandiri dan tidak akan bergantung pada teman – temanya atau guru.

BACA JUGA:  Orang Tua Bukan Polisi

4. Ajari Sang Anak Bertanggung Jawab

Anda dapat melatih sang anak untuk bertanggung jawab dengan kegiatan yang biasa dilakukan dirumah. Misalnya saja setelah bangun tidur sang anak membereskan tempat tidurnya, atau merapikan mainannya. Jika sang anak sudah mengerti akan tanggung jawab maka sang anak dalam pergaulan di sekolah akan mengerti tentang apa yang boleh dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan.

5. Beritahu Kenapa Anak Harus Sekolah

Beritahukan pada anak akan pentingnya sekolah, fungsi dari anak bersekolah dan apa tujuan dari sekolah itu. Hal ini tentunya, bisa dilakukan ketika anda bersama dengan anak memiliki waktu berdua. Ajak bicara anak dengan bahasa yang mudah dimengerti sang anak agar sang anak mudah memahaminya dan mengerti makna serta tujuan kenapa harus sekolah.

 

Produk Menarik untuk Anda:

Sprei Waterproof Import 200 x 200

Sprei Waterproof Import 200 x 200

Sprei waterproof  merupakan sprei anti air dengan bahan yang berkualitas import. Dengan sprei ini, bunda ....
Pembalut Kain Jelita-V Standar Motif

Pembalut Kain Jelita-V Standar Motif

Pembalut Kain Jelita-V Standar Motif merupakan pembalut yang dirancang khusus untuk wanita yang aktif di ....
Meja Lipat Karakter Untuk Memudahkan Anak dalam Belajar

Meja Lipat Karakter Untuk Memudahkan Anak dalam Belajar

Belajar merupakan aktivitas anak yang selalu kita perintahkan kepada anak kita. Dengan belajar, diharapkan anak ....
Jelly Gamat Gold G – Ekstrak Gamat Emas

Jelly Gamat Gold G – Ekstrak Gamat Emas

Jelly Gamat Gold-G merupakan Obat Herbal Pilihan yang banyak berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Penyakit ....