Keluarga, Tumbuh Kembang Anak

Pentingnya Pendidikan Yang Menyeluruh

pentingnya pendidikanSahabat sekalian, sebenarnya semua orang tahu jika ditanya bagaimana pendidikan yang baik bagi anaknya. Anak adalah salah satu amanah terhormat yang dititipkan untuk kita. Orang tua mana yang tidak mau Buah hatinya menjadi anak yang baik? Orang tua mana yang tidak mau melihat Buah hatinya bergaul dengan masyarakat dengan sopan dan santun? Orang tua mana yang tidak mau buah hatinya pintar, cerdas, dan menjadi unggul bahkan menjadi contoh bagi teman-temannya di lingkungan ia belajar?

Sahabat! Saya yakin pasti semua orang tua, terutama para sahabat sekalian menginginkan hal demikian. Namun sekarang bagaimana dengan Buah Hati kita? Sudahkah demikian? Jika belum, inilah Pentingnya Pendidikan yang Menyeluruh dari tripusat pendidikan:

1. Pendidikan dari Orang Tua

Dalam dunia pendidikan, peran orang tua tidak boleh ditinggalkan. Jika sampai sekarang masih ada orang tua yang mengandalkan pendidikan sekolah sebagai sumber segala pendidikan, mari kita ubah mindset tersebut. Kita ubah sedalam-dalamnya bahwa pusat pendidikan, salah satunya adalah orang tua. Wajar jika anak tidak hormat terhadap orang tua, wajar jika anak bandel, wajar jika anak sedikit-sedikit ngambek. Karena faktor orang tua yang belum sepenuhnya membimbing anak secara total. Kadang sering ditinggalkan, kadang sering tidak diberikan perhatian, kadang sering makanpun mereka kebingungan. Maka hindari hal ini, mulailah dari sekarang kita membiasakan untuk mendidik anak kita dengan bijaksana dan tidak hanya mengandalkan sekolah saja.

2. Pendidikan dari Sekolah

Pendidikan sekolah, merupakan faktor pendukung kedua dari ketiga tripusat pendidikan. Mengapa? Karena Sekolah adalah sumber ilmu dimana seorang anak mendapatkan keceriaan, mendapatkan kebahagiaan, bertemu teman-teman, guru yang baik, pembelajaran yang menyenangkan. Biasanya kendalanya adalah setelah mendapatkan ilmu dari bangku sekolah, seorang anak lupa terhadap orangtuanya. Lupa dalam artian,  tingkat kepatuhannya berkurang, Lebih patuh pada perintah gurunya dibandingkan dengan orang tuanya dan lain sebagainya.Solusi yang terbaik adalah hubungan antara orang tua dan sekolah harus selalu dijaga, tidak boleh terputus, tidak boleh saling menjauhi, apalagi bermusuhan, itu akan berbuah akibat pada buah hati kita. Maka jalin hubungan yang baik antara orang tua dan sekolah, agar anak kita terjaga, agar anak kita nyaman, dan pihak sekolahpun baik terhadap orangtua. Apalagi dunia pendidikan di Indonesia masih terkesan satu arah.

BACA JUGA:  Ciri-ciri Anak Cerdas

3. Pendidikan dari Lingkungan

Selain dari kedua lini di atas, terdada pendidikan lingkungan. Pendidikan ini adalah pendidikan yang banyak ditinggalkan, khususnya oleh masyarakat modern sekarang ini. Mereka berkeyakinan bahwa dengan adanya mainan dirumah, dengan adanya games di rumah, seorang anak dilarang untuk bermain dengan teman-temannya diluar rumah. Padahal hal itu tidak begitu baik untuk mendidik anak. Biarkanlah mereka bermain dengan temannya diluar, bebaskan mereka bermain dilingkungan rumah kita.Yang perlu menjadi perhatian orang tua adalah penjagaan anak dalam berbuat atau bertindak di lingkungan. Selain itu, harus adanya kekompakan antar warga untuk memajukan lingkungannya dengan baik. Jika dalam lingkungan yang baik itu anak dibiasakan untuk berbuat baik, tidak akan ditemukan anak yang tidak sopan, semua sopan dan santun, hormat pada yang tua, sayang kepada yang lebih muda.

Oleh karenanya Sahabat, di sinilah arti pentingnya sebuah kerjasama Tripusat dalam dunia pendidikan yang menyeluruh. Tidak akan berhasil jika semua itu berjalan masing-masing. Tidak akan maju jika semua menuruti egonya masing-masing. Kerjasamalah dengan baik untuk menjadikan buah hati kita lebih baik.

Profil Penulis

Syaifulloh Yusuf

Syaifulloh Yusuf, S.PdI adalah alumni Fakultas Ilmu Agama Islam UII Yogyakarta yang sedang menempuh studi S2 di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

sumber gambar : http://itaporanews.com/images/noticia/2013/09/09/1378752408522e179a7313d8.20836451.jpg