Keluarga, Motivasi

Tips Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

 

tips-menyiapkan-dana-pendidikan-anak

Tips menyiapkan dana pendidikan anak sejak dini merupakan point penting dalam menyiapkan masa depan buah hati. Namun tidak jarang para orang tua bahkan sudah menyiapkan dananpendidikan sebelum dia lahir. Dunia  pendidikan semakin maju dan sekarang ini pendidikan anak sudah dimulai sejak umur 4 tahun atau bisa sebelumnya. Oleh karena itu banyak yang menyiapkan dana pendidikan sejak dini agar saat sang anak saatnya ke sekolah tidak menjadi gelagapan. Berikut ini ada beberapa tips menyiapkan dana pendidikan anak :

1.Milikilah Tabungan Pendidikan

Ini lebih fokus pada unsur menabung, dan tidak punya fitur jaminan bila Anda tidak sanggup meneruskan setoran. Ini sangat berguna bila anak Anda akan bersekolah dalam jangka waktu kurang dari 2 tahun, namun Anda belum punya modalnya. Namun, jika di atas usia itu, return yang diberikan tabungan pendidikan sepertinya tidak sanggup menghadapi inflasi pendidikan yang semakin tinggi. Sebaiknya, mulai memilih instrumen investasi yang tepat.

2. Asuransi pendidikan

Berbeda dengan tabungan pendidikan yang bisa Anda kelola sendiri, asuransi pendidikan akan fokus pada penggantian uang pertanggungan, serta memberikan fitur pembayaran uang pada periode tertentu. Biasanya besarnya asuransi pendidikan akan disesuaikan dengan tingkat pendidikan dari sang anak, namun dalam hal setoran biasanya akan di lakukan bertahap.

3. Instrumen Investasi

Pertama, ORI dan Sukuk Ritel. Produk ini cocok untuk Anda yang sudah punya modal untuk biaya sekolah anak 3-4 tahun lagi, dan ingin memperoleh return yang lebih tinggi dari tabungan. Risiko kehilangan modal sangat kecil bila ditahan hingga jatuh tempo. Kedua, logam mulia. Bisa dibeli dengan satuan 1 gram, ini juga cocok untuk Anda yang mempersiapkan dana pendidikan untuk 3-5 tahun lagi. Anda bisa membeli rutin per bulan seperti menabung.