Nyeri Payudara ? 8 Hal Ini Yang Bisa Jadi Pemicunya

Nyeri payudara sering dialami oleh sebagian wanita, biasanya terjadi di bagian atas  payudara dan menjalar ke ketiak hingga ke bagian lengan. Rasa sakit pada payudara memang salah satu  gejala kanker payudara, namun walaupun begitu kita tidak perlu khawatir , karena kita blm tentu menderita kanker.Selain itu , banyak gejala lain yang menunjukkan kita menderita kanker payudara bukan hanya nyeri pada payudara saja.

Berikut Ini Beberapa Hal Yang Bisa Jadi Penyebab Sakit Di Bagian Payudara

1. Siklus Menstruasi

Satu minggu atau 3 hari sebelum menstruasi, biasanya sebagian wanita akan mengalami nyeri pada payudara. Umumnya payudara akan terasa kencang, dan baru hilang setelah menstruasi berakhir.

2. Ukuran Payudara Besar

Wanita dengan payudara yang besar umumnya akan mengalami nyeri di bagian payudara hinga ke bagian bahu, leher dan juga punggung

3. Operasi Payudara

Rasa nyeri yang dirasakan setelah adanya operasi

4. Terjadinya Peradangan

Peradangan pada payudara atau sering di sebut juga dengan mastitis biasanya di alami oleh ibu menyusui di trisemester awal menyusui. Penyebabnya adalah saluran asi yang tersumbat , infeksi bakteri, puting terluka, penggunaan bra yang terlalu ketat,  menyusui dengan satu payudara.

5.Pola Makan Tidak Sehat

Pola makan tidak sehat seperti konsumsi lemak dan karbohidrat tinggi bisa menjadi pemicu nyeri pada payudara

6.Konsumsi Obat – Obat Tertentu

Mengkonsumsi obat anti depresi, KB hormonal, obat-obatan untuk penyakit jantung juga bisa menjadi pemicu nyeri pada payudara.

7. Adanya Benjolan Pada Payudara

Penyebab benjolan pada payudara bisa beragam, bisa karena tumor jinak, Kista, mastitis, lipoma. Hal-hal tersebut bisa menyebabakan nyeri pada payudara.

8. Mengalami Cidera Di bagian Tubuh Lain

Cidera otot di sekitar bahu, ketiak, atau leher juga bisa menjadi pemicu  terjadinya rasa sakit pada payudara

Mengatasi Rasa Sakit Pada Payudara

Rasa Sakit di daerah payudara yang sering kita alami bisa kita atasi dengan lagkah berikut:

  • Gunakan Bra yang tepat dan tidak terlalu ketat
  • Kompres dengan air hangat atau dingin
  • Kurangi asupan kafein dan konsumsi makanan rendah lemak dan kaya kaan vitamin E
  • Olesi payudara dengan minyak Primrose
  • Berhenti merokok, karena rokok bisa memicu peradangan yang akan menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman pada paayudara

Nyeri pada payudara memang tidak boleh dianggap remeh, segera lakukan pemeriksaan jika memang kita mengalami keluhan lain yang menyertainya.Seperti adanya perubahan bentuk payudara, adanya ruam di sekitar payudara, bengkak, keluarnya cairan disertai darah dari puting, permukaan payudara yang tidak rata atau tertariik ke dalam.

Leave a Comment