Stunting Pada Anak , 3 Faktor Penyebabnya Bunda Harus Tau !

Stunting merupakan kondisi dimana tinggi badan anak kurang dibandingkan dengna tinggi standar teman seusianya. Hal tersebut merupakan gangguan pertumbuhan yang kronis akibat kekurangan asupan nutrisi dalam waktu yang lama.Standar yang di gunakan di sini adalah kurva pertumbuhan yang di buat oleh  badan kesehatan dunia.

Penyebab Stunting Pada Anak

Beberapa hal bisa menjadi faktor yang mempengaruhi pertumbuhan  tinggi badan pada anak, diantaranya adalah

1. Asupan Nutrisi Ibu  Pada Saat hamil

Hal yang mempengaruhi adalah 1.000 hari pertama kehidupan anak, yaitu di mulai dari ketika ibu hamil hingga usia 2 tahun.Ibu hamil yang kurang mengkonsumsi makanan bergizi seperti protein, kalsium, asam folat, omega-3 beresiko melahirkan anak dengan kondisi kekurangan gizi.Sehingga bisa menyebabkan berat badan saat lahir rendah.

2. Kurangnya asupan makanan bergizi Pendamping MPASI

Selain asi eksklusif, pemilihan asupan makanan sebagai MPASI juga harus diperhatikan, karena  kurangnya asupan gizi juga bisa menjadi penyebab terjadinya stunting

3. Kebersihan Lingkungan

Kebersihan lingkungan juga ikut berperan dlam tumbuh kembang anak, karena ketika anak” memasukkan jari atau mainan yang kotor, bisa jadi ada bakteri yang masuk melalui mulut. Bakteri yang masuk bisa menyebabkan terjadinya diare, atau yang lebih parahnya lagi terjadi infeksi usus yang nantinya akan menyebabkan  nafsu makan berkurang, penyerapan nutrisi tidak maksimal.

Dampak Stunting Pada Anak

Stunting Biasanya banyak terjadi pada balita yaitu usia 1-3 tahun. Ada beberapa dampak yang akan timbul bagi penderitanya.

1.Tinggi dan Berat Badan Anak Lebih Rendah

Selain tinggi badan anak lebih rendah dari teman- teman sebanyanya, berat badan anak juga cenderung jauh di bawah rata-rata dibanding anak – anak seusianya.

2.Tumbuh Kembang Anak Terganggu

Dampak lain yang bisa terlihat adalah anak jadi terlambat berjalan, atau kemampuan motoriknya kurang optimal

3. Mudah Terserang Penyakit

Penderita Stunting cenderung mudah terserang penyakit

4.Mempengaruhi Kemampuan Dan Kecerdasan Anak

Karena kurangnya asupan gizi, maka anak akan sulit berkonsentrasi dan belajar.

Langkah Mencegah Stunting

  • Perbaiki pola makan dan cukupi asupan gizi pada masa kehamilan
  • Jaga kebersihan lingkungan
  • Banyak konsumsi makanan yang mengandung Zat besi, asam folat.

Leave a Comment