Cara Merawat Daerah Kewanitaan Pasca Melahirkan

merawat daerah kewanitaanPerawatan tubuh terutama daerah kewanitaan pasca melahirkan merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh bunda. Sejumlah perawatan tubuh pasti sudah terbayang di pikiran Anda. Terutama pada daerah kewanitaan, seorang wanita pasti akan merasakan banyak perubahan dibandingkan dengan sebelum mereka menjalani proses persalinan. Rasa nyeri atau sakit yang Anda rasakan pada daerah kewanitaan pasca melahirkan tidak akan mengalami pemulihan dengan cepat, semua itu membutuhkan proses yang bisa jadi cukup lama.

Jika pasca melahirkan Anda mengalami robekan pada daerah kewanitaan atau disebut juga dengan episiotomi, maka luka ini tentu saja akan sangat mengganggu aktivitas Anda selama beberapa minggu sehingga membutuhkan perawatan. Terutama pada saat Anda berjalan maupun saat duduk. Dalam proses penyembuhan, Anda dapat melakukan beberapa perawatan tubuh terutama daerah kewanitaan pasca melahirkan.

Cara Merawat Daerah Kewanitaan

Berikut ini adalah beberapa cara merawat daerah kewanitaan pasca melahirkan :

  1. Untuk menenangkan luka dan mengurangi rasa sakit akibat robekan pada daerah kewanitaan, Anda dapat menggunakan kompres. Caranya dengan menggunakan es batu yang dibungkus dengan menggunakan kain bersih kemudian menempelkannya pada luka bekas jahitan.
  2. Pastikan luka jahitan selalu bersih. Untuk membersihkan daerah kewanitaan khususnya bekas jahitan, bunda dapat menggunakan waslap yang dibasahi dengan dan menggunakan sabun. Buatlah busa pada waslap tersebut kemudian gunakan untuk membersihkan luka, pastikan luka bekas jahitan pada daerah kewanitaan benar-benar bersih.
  3. Siram daerah kewanitaan Anda dengan menggunakan air dingin saat sedang buang air kecil. Kemudian lakukan cara cebok dengan benar yaitu dari arah depan ke belakang. Lakukan dengan sangat hati-hati atau bisa juga dengan menggunakan botol semprot.
  4. Saat sedang buang air besar, kemungkinan daerah bekas jahitan akan terasa sakit. Anda dapat menggunakan bantalan lembut yang bersih untuk menekan bekas jahitan ke bagian atas untuk menghindari luka bekas jahitan robek kembali.
  5. Pada minggu-minggu pertama pasca melahirkan sebaiknya hindari aktivitas yang berlebih. Seringlah untuk tiduran atau duduk dan jangan terlalu sering berjalan.
  6. Banyak mengkonsumsi makanan berserat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Dengan begitu harapannya, kotoran atau tinja yang dikeluarkan saat BAB tidak keras sehingga mencegah rasa sakit berlebih saat BAB.
  7. Usahakan menggunakan celana atau rok dengan bahan yang dapat menyerap keringat, hal itu untuk menghindari terjadinya kelembapan berlebih pada daerah kewanitaan.

Itulah beberapa cara merawat daerah kewanitaan pasca melahirkan. Semoga dapat bermanfaat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://cs408418.vk.me/v408418126/85ed/EVLVIMzdRtI.jpg

Sabun Cebokan “V” untuk Membasuh Area Kewanitaan

Sabun Cebokan “V” untuk Membasuh Area Kewanitaan

Sabun Cebokan “V” adalah sabun kewanitaan untuk membasuh area organ kewanitaan sehingga terhindar dari keputihan ....
Rp 15.000 Beli

Komentar