Bayi & Anak, Kesehatan

Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Baru Lahir

Share Yuk!

Pada saat bayi baru lahir yang berusia 0-3 bulan mengalami pilek atau hidungnya tersumbat, bunda pasti akan merasa bingung dan membutuhkan cara untuk mengatasinya. Beberapa orangtua umumnya hanya mengelap ingus atau lendir hidung menggunakan tissue atau ada juga yang menggunakan penyedot lendir yang mereka beli dari apotik.

Bayi baru lahir biasanya akan rewel, susah tidur dan kesulitan untuk bernapas pada saat pilek dan hidung tersumbat. Hidung tersumbat juga merupakan gejala awal penyakit influenza. Hidung bayi baru lahir biasanya akan mengeluarkan banyak lendir pada saat kondisi seperti ini, dan keluar masuknya udara melalui hidung membuat lendir tersebut menjadi kering dan menyumbat saluran pernapasan. Saat itulah bayi baru lahir mengalami kesulitan bernapas karena hidungnya tersumbat. Oleh sebab itulah bunda harus mengetahui cara mengatasi hidung tersumbat dengan tepat untuk mengatasi hidung bayi baru lahir yang tersumbat.

Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Adapun beberapa cara mengatasi hidung tersumbat yang aman untuk bayi baru lahir diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Mengatasi hidung tersumbat pada bayi dapat dilakukan dengan cara penguapan alami atau disebut juga dengan inhalasi. Caranya, bunda bisa memberikan uap dari air panas yang telah ditetesi dengan minyak telon dalam sebuah ember kecil. Letakkan di dekat bayi tidur. Biarkan bayi Anda menghirup uap dari air tersebut. Hal ini bisa sedikitnya melegakan pernapasan dan mengurangi hidung bayi Anda yang tersumbat.
  2. Bunda bisa menggunakan alat penghisap lendir pernapasan atau nasal aspirator khusus untuk bayi yang dapat bunda peroleh di apotik. Sebelum bunda menggunakan alat tersebut, sterilkan dulu bagian alat penghisap yang akan dimasukkan ke dalam hidung. Masukkan secara perlahan dan jangan terlalu dalam. Kemudian lakukan dengan cara lembut agar hidung bayi tidak teriritasi.
  3. Agar lendir yang membuat hidung bayi tersumbat menjadi encer dan mudah untuk dikeluarkan, bunda bisa meneteskan larutan garam atau nasal saline dengan ujung pipet. Setelah lendir tersebut encer, bunda biusa membantu mengeluarkannya dengan menggunakan alat penghisap lendir secara perlahan.
  4. Bunda bisa mengatasi hidung tersumbat pada bayi dengan cara memijat hidung bayi secara lembut sambil membersihkan lendirnya dengan menggunakan cotton bud yang telah dibasahi. Pijatan lembut pada hidung bayi tersebut bisa membantu bayi Anda melegakan pernapasan.
  5. Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi baru lahir yang selanjutnya adalah dengan cara menggunakan balsam pelega pernapasan yang memang khusus untuk bayi. Selain balsam bayi bisa melegakan pernapasan, balsam bayi tersebut juga bisa menghangatkan tubuh bayi juga uapnya dapat mengatasi hidung bayi yang tersumbat.
BACA JUGA:  Cara Aman Memandikan Bayi Baru Lahir

Itulah beberapa cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi baru lahir yang dapat bunda lakukan sendiri di rumah. Jika dengan beberapa cara tersebut tidak berhasil, maka bunda harus segera membawa buah hatinya ke dokter.

sumber gambar : http://www.buahatiku.com/uploads/2014/12/640xauto-6-cara-ampuh-mengatasi-hidung-tersumbat-pada-bayi-1306255-5392bc3b5d874.jpg
Share Yuk!

Produk Menarik untuk Anda:

Bedong Bayi Instan Dita, Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Bedong Bayi Instan Dita, Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Bedong instan Dita adalah salah satu bedong bayi yang pemakaiannya sangat mudah. Pertama buka bedong, ....
Babybee Latex Newborn Pillow, Bantal Bayi Anti Peyang

Babybee Latex Newborn Pillow, Bantal Bayi Anti Peyang

Babybee latex newborn pillow merupakan bantal bayi anti peyang yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi ....
Propolis Nado Anti Biotik Herbal Cocok Untuk Bayi Dan Anak-Anak

Propolis Nado Anti Biotik Herbal Cocok Untuk Bayi Dan Anak-Anak

Madu Propolis Nado adalah antibiotik herbal. Propolis Nado diekstrak dengan madu sehingga dijamin halal. Propolis Nado telah ....