Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

10 Manfaat Coklat Bagi Kesehatan Ibu Hamil

manfaat coklat bagi ibu hamilManfaat coklat bagi kesehatan tubuh sangatlah banyak. Coklat merupakan camilan yang sangat enak dengan rasa manisnya yang khas, karena itulah coklat memiliki banyak penggemar baik anak-anak, dewasa, orang tua bahkan ibu hamil. Namun, banyak orang yang berpendapat bahwa ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi coklat karena ibu hamil bisa kelebihan berat badan. Apakah benar? Mitos bahwa coklat dapat membuat ibu hamil kelebihan berat badan tidak sepenuhnya benar. Tetapi, fakta yang benar adalah bahwa coklat memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil.

Manfaat Coklat Bagi Ibu Hamil

Berdasarkan penelitian menyebutkan bahwa manfaat coklat bagi ibu hamil yaitu bisa membantu mencegah terjadinya komplikasi kehamilan serius yang biasa dikenal dengan resiko preeklamsia atau tekanan darah tinggi serta kelebihan kadar protein di dalam urin. Mengkonsumsi coklat secara rutin pada usia kehamilan trimester pertama dan trimester ketiga juga mempunyai daya pelindung yang relatif sama. Namun perlu ibu hamil ketahui bahwa tidak semua jenis coklat aman dikonsumsi ibu hamil.

Ibu hamil disarankan untuk memilih dark chocolate yang mengandung kalori cukup rendah. Dark chocolate juga dikenal kaya akan kandungan theobromine, yaitu senyawa yang bisa menstimulasi jantung, mengendurkan bagian otot-otot dan mampu untuk melebarkan pembuluh darah. Berikut ini adalah beberapa fakta mengenai manfaat coklat bagi ibu hamil lainnya.

  1. Mengkonsumsi coklat pada masa kehamilan bisa membantu menangkap radikal bebas dari dalam tubuh.
  2. Coklat dapat menjaga tekanan darah ibu hamil agar tetap stabil dan menjaga agar pembuluh darah tetap elastis.
  3. Ibu hamil akan merasa lebih nyaman dan bahagia karena di dalam coklat terdapat senyawa yang mengantarkan rasa bahagia.
  4. Coklat mempunyai antioksidan yang tinggi sehingga baik bagi kesehatan ibu hamil.
  5. Mengkonsumsi coklat juga dapat menurunkan tekanan darah sehingga dapat membuat mood ibu hamil menjadi lebih baik dan juga stabil.
  6. Manfaat coklat bagi ibu hamil lainnya adalah bisa merawat kulit ibu hamil menjadi lebih halus dan melindunginya dari sinar ultraviolet.
  7. Coklat dapat meningkatkan libido, sehingga ibu hamil bisa tetap melakukan aktivitas seksual dengan gairah seksual yang cukup tinggi.
  8. Mengkonsumsi coklat saat hamil juga bisa membantu ibu hamil untuk mengurangi stress.
  9. Coklat dapat membuat bayi yang dilahirkan merasa bahagia karena coklat mengandung kimia feniletilalamin yang ditularkan oleh ibu hamil kepada bayi.
  10. Mengkonsumsi 30 gram coklat setiap hari akan membuat ibu hamil mendapatkan tambahan zat besi. Zat besi adalah salah satu nutrisi yang penting bagi ibu hamil.

Setelah mengetahui banyaknya manfaat coklat bagi ibu hamil, Anda tidak perlu merasa takut atau cemas mengkonsumsi coklat pada masa kehamilan. Namun, yang perlu ibu hamil ingat yaitu jangan pernah salah dalam memilih coklat. Pilihlah dark chocolate yang mengandung gula relatif sedikit dan sesuaikan takarannya, jangan mengkonsumsinya terlalu berlebihan.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://f.tqn.com/y/biology/1/S/0/f/dark_chocolate.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Maternity Pillow, Bantal Ibu Hamil dan Menyusui

Maternity Pillow, Bantal Ibu Hamil dan Menyusui

Maternity pillow merupakan bantal ibu hamil dan ibu menyusui yang bisa memberikan sebuah kenyamanan pada ....