Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

Faktor Penyebab Bayi Lahir Cacat

Penyebab bayi lahir cacatKehamilan bagi setiap wanita yang telah menikah merupakan saat-saat yang paling dinantikan dan sangat menggembirakan. Apalagi jika kehamilan tersebut merupakan kehamilan yang pertama, tentu saja telah diimpi-impikan pasangan suami istri sejak lama. Oleh sebab itu, penting bagi ibu hamil untuk menjaga dan memperhatikan segala sesuatu agar kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan tetap terjaga.

Setiap ibu hamil atau orangtua pasti menginginkan bayi yang mereka kandung dapat terlahir dengan sempurna dengan normal tanpa kurang suatu apapun. Untuk itu, penting bagi ibu hamil untuk selalu menjaga kesehatannya selama masa kehamilan demi dirinya sendiri dan juga janinnya. Salah satu hal yang dapat Anda lakukan yaitu dengan memenuhi asupan gizi yang dibutuhkan ibu hamil dan janin.

Lalu, hal apa saja yang bisa menyebabkan bayi lahir cacat?

Penyebab bayi Lahir Cacat

Berdasarkan penelitian, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan bayi lahir cacat. Dan semua itu perlu diketahui sehingga ibu hamil akan lebih mewaspadainya. Hal-hal yang dimaksuda adalah sebagai berikut :

1. Merokok Secara Aktif Maupun Pasif

Telah Anda ketahui bahwa dalam kemasan rokok yang banyak dijual di pasaran selalu tercantum mengenai bahaya dari merokok. Salah satu isi dari peringatan tersebut menunjukkan bahwa merokok bisa membahayakan janin. Ibu hamil yang memiliki kebiasan merokok secara aktif atau pasif akan menyebabkan IQ bayi rendah dan menjadikan bayi tersebut kelak memiliki perilaku yang buruk.

2. Minuman Beralkohol

Kandungan alkohol yang tinggi dalam minuman keras bisa membahayakan janin yang berada dalam kandungan. Ibu hamil yang memiliki kebiasan meminum minuman beralkohol saat masa kehamilan, maka dapat menyebabkan bayi lahir cacat dengan menderita kerusakan pada otak dan mengalami perkembangan yang buruk.

3. Memakan Banyak Junk Food

Junk food yang mempunyai banyak pewarna serta kandungan zat aditif akan banyak memberikan efek kurang baik atau bahkan buruk bagi perkembangan janin dan IQ rendah. Selain itu, zat aditif yang terkandung dalam junk food juga kan menjadikan anak bersikap hiperaktif.

4. Mengkonsumsi Makanan Cina

Makanan dari Negara Cina yang banyak mengandung MSG mempunyai dampak yang sangat buruk bagi kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan seperti halnya zat aditif pada junk food. Hindarilah mengkonsumsi MSG terlalu banyak karena bisa menyebabkan kerusakan pada otak bayi.

5. Terlalu Banyak Kopi

Kopi yang banyak mengandung kafein juga mempunyai efek yang sangat buruk bagi janin dalam kandungan. Terlalu banyak konsumsi kafein saat masa kehamilan juga akan menyebabkan bayi lahir cacat, memiliki IQ rendah, sulit dalam menerima pelajaran dan menjadikan anak bersikap hiperaktif.

Pada dasarnya, faktor penyebab terjadinya bayi lahir cacat dipengaruhi oleh gaya hidup yang tidak sehat dan tidak beraturan pada ibu hamil. Oleh sebab itu, ubahlah gaya hidup Anda dan mulailah untuk menjaga pola hidup sehat demi kesehatan ibu hamil dan janin.

Sumber gambar : http://cdn.klimg.com/vemale.com/headline/650x325/2013/07/bayi-mati-saat-lahir-apa-yang-sebenarnya-terjadi.jpg