Kesehatan

Tips Diet Sehat Dan Aman

Share Yuk!

diet sehat amanBagi Anda yang mempunyai berat badan berlebih, tentu mempunyai keinginan untuk menurunkan berat badan. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan keinginan tersebut, salah satunya bisa dengan melakukan diet sehat dan aman.

Diet sehat dan aman dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang tidak terlalu banyak mengandung lemak, serta diiringi dengan mengkonsumsi buah yang dapat melancarkan program diet Anda.

Tips Diet Sehat Dan Aman

Berikut kami informasikan tips diet sehat dan aman.

1. Berolahraga

Olahraga sangat baik selain untuk melakukan proses diet, olahraga juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Olahraga terutama lari akan sangat membantu karena proses pembakaran lemak sangat cepat sehingga mempermudah Anda untuk menjadi langsing. Berlari dengan menggunakan jaket parasut akan membuat Anda semakin terasa panas dan banyak mengeluarkan keringat, hal ini menandakan bahwa kalori yang terdapat dalam tubuh Anda terbakar dengan sempurna.

2. Hindari gula Jagung

Menurut penelitian, sirup jagung fruktosa tinggi mampu meningkatkan berat badan secara signifikan dibanding minuman bergula, meskipun keduanya memiliki kadar kalori yang sama. Perbedaan tersebut dipicu oleh perbedaan cara tubuh ketika memproses kedua pemanis itu. Keduanya memang dibuat dari fruktosa dan glukosa. Namun, gula kedua komponen tersebut saling mengikat sehingga dibutuhkan langkah ekstra untuk metabolisme. Dalam sirup jagung fruktosa tinggi, glukosa dan fruktosa mudah diserap tubuh karena keduanya telah dipisah. Sirup jagung tidak ada pada minuman soda. Sirup jagung terdapat pada roti, sereal, buah kaleng, jus, dan selai.

3. Mengurangi makanan manis

Makanan manis memang banyak penggemarnya dan selalu menggoda selera. Rasa enak setelah mengkonsumsi makanan manis tersebut hanya berlangsung sementara sehingga reseptor dopamin akan mengirim sinyal ke otak untuk memerintah tubuh agar menambah asupan karbohidrat.

BACA JUGA:  Sayuran Yang Baik Dikonsumsi Bayi Saat Usia 6-12 Bulan

4. Makan lebih sering

Kesalahan fatal yang diperbuat para pelaku diet adalah menahan rasa lapar terlalu lama. Padahal, perut yang dibiarkan kosong selama berjam-jam akan membuat seseorang membutuhkan asupan energi tinggi dan karbohidrat. Karena terlalu lapar, para pelaku diet akan melahap apapun tanpa mempedulikan kesehatan makanan serta porsinya.

Bagi Anda pelaku diet harus bisa mengatur pola makan serta ngemil, agar tubuh terbiasa dengan rutinitas. Makanlah setiap 3-4 jam dalam porsi kecil agar gula darah dan energi tetap stabil. Akan tetapi jangan sampai kebablasan dalam ngemil, cek kandungan nilai gizi yang ada pada makanan cemilan tersebut. Apabila mengandung kalori dan gula yang tinggi sebaiknya Anda menjatuhkan pilihan cemilan kepada yang lain.

5. Perhatikan menu sarapan

Sarapan pagi sangat penting bagi aktifitas Anda seharian penuh. Jadi, sempatkanlah sarapan meskipun Anda sibuk. Pilihlah menu yang memiliki kandungan protein tinggi saat sarapan agar perut merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, nafsu makan Anda akan menurun. Sarapan dengan makanan yang penuh dengan gizi terutama protein sangat penting untuk kebutuhan energi saat seseorang bekerja di kantor atau lapangan. Cobalah untuk menjadwal menu sarapan Anda pada setiap minggunya, perhatian Anda kepada menu sarapan memiliki pengaruh besar bagi kesuksesan tips diet yang Anda jalani.

6. Pilih makanan dengan indeks glikemik rendah

Kemampuan bahan makanan untuk meningkatkan kadar gula darah disebut indeks glikemik. Semakin cepat kenaikan kadar gula darah, kadar insulin dalam tubuh menjadi tidak stabil. Hal inilah yang akan memacu diabetes dan kegemukan. Makanan manis, makanan olahan, serta karbohidrat, memiliki indeks glikemik tinggi dibanding makanan berserat. Oleh sebab itu, pilihlah makanan berserat karena indeks glikemiknya lebih rendah.

BACA JUGA:  Kemuning Herba Alami untuk Menurunkan Berat Badan

7. Ubah suasana atau lingkunganratu langsing

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa salah satu tips diet paling sukses adalah mengubah suasana atau lingkungan. Contohnya, menyembunyikan toples cemilan dan mengganti piring dengan yang lebih kecil. Cara sederhana ini terbilang ampuh untuk membantu penurunan berat badan dibanding seseorang yang mengubah pola makan. Bila Anda masih tinggal dalam rumah keluarga upayakan untuk memberitahukan kepada orang tua tentang program diet yang Anda lakukan saat ini. Hal ini bertujuan agar suasana rumah dapat berubah dengan sendirinya karena para penghuninya mengetahui upaya Anda dalam menjauhi kalori.

8. Makan secara perlahan

Pasti Anda sering mendengar agar makan dilakukan secara perlahan. Hal tersebut ternyata memang bagus, seperti menurut beberapa penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mengunyah makanan lebih lama akan mempunyai peluang terserang obesitas yang kecil, jika dibandingkan dengan seseorang yang tergesa-gesa dalam menyantap makanan di depannya.

Diet sehat dan aman bukalah hal yang sulit untuk dilakukan, namun Anda harus memiliki sifat sabar dan telaten karena diet aman dan sehat membutuhkan waktu yang tidak singkat. Namun apabila Anda rajin melakukan hal tersebut tentu Anda akan mudah untuk menurunkan berat badan Anda. Untuk melancarakan program diet sehat Anda, bisa juga dibarengi dengan mengkonsumsi produk pelangsing herbal yang tidak memberikan efek samping bagi tubuh Anda seperti ratu langsing, teh herba jati belanda, teh herbal daun jati cina, dan minuman pelangsing instan jati belanda.

PENTING UNTUK ANDA 

Sumber gambar:
1.http://dietsehat.beritadev.com/menu-diet-sehat-yang-alami-dan-aman/
2.http://www.kampoenggrosir.com/product.php?category=11/small>
Share Yuk!

Produk Menarik untuk Anda:

Obat Pelangsing Herbal, Ratu Langsing Herbalindo

Obat Pelangsing Herbal, Ratu Langsing Herbalindo

Ratu Langsing Herbalindo adalah obat pelangsing herbal yang terbuat dari   bahan alami 100% untuk ....