Kesehatan, Pasutri

Cara Meningkatkan Kesuburan Wanita Secara Alami

Kesuburan merupakan peluang untuk memperoleh keturunan atau anak. Pasangan suami istri yang subur maka mempunyai peluang yang tinggi untuk memperoleh anak. Banyak masyarakat di sekitar kita yang sudah menikah namun belum dikaruniai seorang anak, dan banyak faktor yang menyebabkannya. Salah satu faktor tersebut adalah adanya masalah dengan kesuburan. Kadang seseorang tidak menyadari bahwa kesuburan mereka kurang begitu bagus.

Meningkatkan Kesuburan Wanita Secara Alami

Ada beberapa cara yang bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan pasangan suami istri khususnya kesuburan wanita. Ada yang menggunakan cara alami dan ada juga yang menggunakan obat-abatan atu vitamin. Berikut ini adalah cara meningkatkan kesuburan wanita secara alami yang baik untuk kesehatan tubuh karena tidak ada efek samping yang berbahaya.

1. Menjaga berat badan

Keadaan tubuh yang terlalu kurus atau terlalu gemuk dapat menimbulkan gangguan pada proses ovulasi. Berdasarkan penelitian, seorang wanita membutuhkan berat badan dengan kandungan lemak dalam tubuhnya 17-21 persen agar proses ovulasi dapat berjalan secara teratur. Wanita yang terlalu kurus atau terlalu gemuk yang siklus haidnya tidak teratur akan menjadi lebih teratur dan subur dengan cara memperbaiki berat badannya.

2. Pilih makanan organik

Berdasarkan penelitian dari berbagai studi menunjukkan pengaruh negatif dari insektisida dan pestisida terhadap hormon progesterone. Hormon progesteron adalah hormon yang berfungsi untuk menumbuhkan, mematangkan sel telur dan menyiapkan dinding rahim untuk kehamilan. Tanpa hormon progesteron maka tidak akan mungkin terjadi kehamilan.

3. Memperbaiki pola makan

Kesuburan wanita dapat berkurang karena seseorang kekurangan sejumlah mineral dan vitamin. Terutama vitamin E, C dan B komplek (B6) yang penting bagi kesehatan tubuh, pembentukan serta pengaturan kerja hormonal. Perbanyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang kaya akan mineral dan vitamin serta biji-bijian seperti kedelai, kacang tanah dan kecambah yang mengandung lemak esensial.

BACA JUGA:  13 Macam Khasiat Temulawak Bagi tubuh

Penting juga untuk diperhatikan yaitu pola makan yang seimbang antara komposisi karbohidrat, protein dan lemaknya. Mengkonsumsi makanan yang tidak seimbang, misalnya terlalu banyak lemak dapat berakibat buruk bagi kesehatan tubuh. Misalnya saja dapat mengganggu keseimbangan hormonal yang berakibat pada kesuburan wanita.

4. Mengurangi stress

Perbanyaklah rekreasi, istirahat serta berolah raga untuk mengurangi beban pikiran yang dapat menimbulkan stress. Stress dapat membuat ketidakseimbangan hormonal di dalam tubuh sehingga proses ovulasi akan menjadi sulit.

Itulah beberapa cara meningkatkan kesuburan wanita secara alami yang tidak membahayakan kesehatan tubuh. Semoga dapat bermanfaat. Salam sehat.

sumber gambar : http://cdn.klimg.com/vemale.com/headline/650x325/2013/10/cara-meningkatkan-kesuburan-wanita-agar-cepat-hamil.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Madu Penyubur Pria Herbal Alami untuk Kesuburan Pria

Madu Penyubur Pria Herbal Alami untuk Kesuburan Pria

Madu penyubur pria merupakan madu herbal yang di formulasikan untuk meningkatkan kesuburan pria (suami). Dengan ....
Paket Madu Penyubur Kandungan

Paket Madu Penyubur Kandungan

Memiliki momongan dalam sebuah rumah tangga adalah sebuah kebahagiaan bagi setiap pasangan. Namun terkadang hal ....
Madu Penyubur Kandungan, Nutrisi Untuk Kesehatan Reproduksi

Madu Penyubur Kandungan, Nutrisi Untuk Kesehatan Reproduksi

Madu penyubur kandungan merupakan madu dengan racikan herbal yang secara khusus di produksi untuk kesuburan ....
Powder Datse Lollen, Serbuk Kurma untuk Kesuburan

Powder Datse Lollen, Serbuk Kurma untuk Kesuburan

Powder Datse Lollen  adalah herbal tradisional yang berupa serbuk kurma, yang sudah terbukti bermanfaat untuk membantu kesuburan pasangan ....