Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

Bahaya Ikan Mengandung Merkuri Bagi Ibu Hamil

bahaya ikan mentah untuk ibu hamilMasa kehamilan adalah saat dimana ibu hamil membutuhkan perhatian lebih terhadap kondisi kesehatan tubuh mereka termasuk kebutuhan akan nutrisi yang penting bagi ibu hamil dan janin. Di samping itu, penting juga bagi ibu hamil untuk menjauhi hal-hal yang berbahaya termasuk makanan yang dapat membahayakan kesehatan tubuh ibu hamil dan janinnya. Daya tahan tubuh janin yang masih rendah tentunya sangat membutuhkan asupan gizi yang baik untuk pertumbuhannya.

Ikan laut adalah salah satu jenis makanan yang mengandung nutrisi cukup tinggi, Namun sebaiknya ibu hamil harus tetap berhati-hati mengkonsumsi makanan dari laut termasuk ikan. Mengapa demikian? Karena tidak semua makanan yang berasal dari laut aman bagi ibu hamil, ada beberapa jenis ikan yang tidak aman dikonsumsi akibat tercemar oleh logam berat terutama merkuri.

Sudah banyak penelitian yang menegaskan tentang bahaya merkuri bagi kesehatan tubuh terutama bagi ibu hamil di masa kehamilan. Bayi atau janin yang terpapar merkuri selama dalam kandungan, diketahui dapat merusak perkembangan otak janin serta sistem saraf. Tidak hanya itu saja, bayi juga beresiko tinggi menderita gangguan pemusatan perhatian atau hiperaktif di usia 8 tahun.

Jadi, pada dasarnya ibu hamil boleh mengkonsumsi ikan. Namun dengan memperhatikan beberapa hal sebagai berikut.

  1. Hindari ikan laut yang berukuran besar dan juga predator seperti ikan tongkol, ikan hiu, king mackerel dan ikan laut yang ditangkap diperairan yang masuk ke dalam kategori tercemar merkuri.
  2. Ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi kerang mentah atau ikan mentah selama masa kehamilan. Dalam hal ini termasuk juga makanan seperti sushi, ikan asap, sashimi, dendeng dan berbagai macam produk ikan lainnya yang tidak dimasak dengan tingkat kematangan penuh.
  3. Jika ibu hamil ingin mengkonsumsi ikan atau seafood, alangkah baiknya jika ibu memasak sendiri sehingga tingkat kematangannya dapat sesuai aturan. Pastikan ibu hamil mengkonsumsi daging, ikan, udang dan lain sebagainya harus benar-benar matang.
  4. Beberapa jenis ikan yang dapat menjadi pilihan ibu hamil dan aman bagi kesehatan tubuh antara lain adalah ikan-ikan dari air tawar seperti lele, gurame dan sebagainya.

Semoga informasi mengenai bahaya ikan mengandung merkuri bagi ibu hamil tersebut dapat memberikan manfaat bagi ibu-ibu hamil. Salam sehat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://images.xinhxinh.com.vn//web/2013/11/29/thucphamgiupbedanhbaiomdautrongmuadong-af984.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil adalah Madu alami yang di campur dengan bahan-bahan herbal yang bermanfaat untuk ....