Kesehatan

Manfaat Susu Kambing Untuk Kesehatan

Share Yuk!

manfaat susu kambingProtein susu kambing merupakan kombinasi yang seimbang alami antara protein susu dengan senyawa gizi lainnya, dimana menghasilkan penyerapan yang tinggi dan cepat di dalam sistem pencernaan makanan. Susu kambing memiliki kandungan 10 gr lemak, 170 kalori, dan 27 ml kolestrol. Kandungan gizi seimbang dan alami yang ada di dalam susu kambing merupakan dasar utama dan alasan penting mengapa susu kambing aman diberikan kepada bayi yang baru lahir sekalipun, maupun untuk orang tua (lansia) yang mengalami gangguan pencernaan makanan menahun dengan penyulit/komplikasi. Bagi penderita kekurangan gizi yang diberi susu kambing dapat mudah menyesuaikan diri, sehingga tidak mengalami reaksi-reaksi tubuh, selain itu masih banyak manfaat susu kambing untuk kesehatan, seperti:

1. Memiliki anti inflamasi alami

Susu kambing dihomogenkan secara alami, dan gelembung-gelembung lemak dalam susu dengan mudah memisahkan diri atau jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan susu sapi, sehingga mudah diserap tubuh. Sifat probiotik dalam susu kambing mendorong sistem pencernaan berkembang dengan baik.

2. Mengandung asam lemak essensial

Susu kambing memiliki 35 persen asam lemak bila dibandingkan dengan susu sapi. Nutrisi dalam susu kambing lebih sehat dan lebih baik dikonsumsi mentah bahkan bagi seseorang yang tidak toleran dengan laktosa. Susu kambing bisa menurunkan tingkat kolesterol dan bekerja lebih baik bagi yang memiliki masalah usus. Asam lemak antimikroba seperti asam kaprilat dan kaprat ditemukan melimpah dalam susu kambing.

3. Menenangkan sistem pencernaan

susuSusu kambing bekerja efektif bagi yang sedang pengobatan maag. Tidak ada protein kompleks dalam susu kambing yang membuat resiko alergi, selain itu susu kambing juga memiliki kemampuan untuk menenangkan saluran pencernaan dan memuaskan rasa lapar untuk anak-anak.

BACA JUGA:  Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan Tubuh

4. Menghindari penumpukan lendir

Ribuan orang melaporkan susu sapi membuat alergi dan rentan terhadap pernapasan. Susu kambing merupakan alternatif untuk mengobatinya. Lemak yang tinggi dalam susu sapi merupakan alasan penumpukan lendir. Gelembung-gelembung lemak dalam susu kambing yaitu sepersembilan dari susu sapi bisa menghindari iritasi di usus.

5. Bertindak sebagai agen metabolik

Susu kambing bisa meningkatkan kemampuan untuk memetabolisme zat besi dan tembaga, khususnya pada orang yang memiliki penyerapan dan pencernaan terbatas.

6. Merupakan suplemen/makanan tambahan utama untuk menekan efek samping radiasi dan pengobatan dengan obat-obatan kemoterapi.

Asam amino L-tryptophane efektif untuk berbagai kasus sulit tidur dan tekanan jiwa/stress. Glutamine, merupakan asam amino penting untuk membentuk masa tubuh dan daya tahan tubuh.

Manfaat susu kambing untuk kesehatan sangat banyak, dan lebih sehat ketika dikonsumsi mentah.

Sumber gambar :
1. http://susukambing.online81.com/uploads/2013/04/manfaat-susu-kambing.jpeg
2. http://static.girliegirlarmy.com/uploads/2012/07/glass-of-milk-2009.png
Share Yuk!