Keluarga, Tumbuh Kembang Anak

Mendidik Anak untuk Sholat dengan Benar

 

Sungguh senang setiap orang tua yang anaknya rajin sholat, rajin TPA, atau bahkan masuk pesantren. Anak yang dari kecil sudah menjaga sholatnya, akan menjadi kebanggaan orang tua dihadapan Allah kelak di akhirat. Untuk itulah, anak juga harus diajarkan untuk sholat dengan benar sejak dini pula. Lalu, bagaimana caranya?

mendidik anak sholat yang benarYang utama jelas, adalah harus dengan ilmu. Sholat yang diterima, selain ikhlas, adalah harus sesuai tuntunan Rasulullah SAW. Untuk itu, tidak bisa kita sembarangan mengajarkan tata cara sholat kepada anak. Sekarang kita dimudahkan dengan adanya kitab-kitab fiqh yang di dalamnya ada bab sholat atau sekarang sudah ada berbagai terjemah kitab khusus membahas sholat. Pelajarilah kemudian itu yang menjadi dasar dalam mendidik anak untuk sholat dengan benar.

Mendidik anak untuk sholat harus benar-benar tepat sesuai teks hadits Rasulullah SAW, termasuk gerakan-gerakannya. Gerakan takbir, ruku’, i’tidal, sujud, pastikan benar jangan sampai salah. Bacaan sholat juga jangan sampai salah. Bacaan takbir misalnya, jangan sampai terlalu panjang hingga enam harokat misalnya. “Allaaaaaaaaahu Akbar”. Jangan sampai seperti itu, anak akan mencontoh yang hal yang tidak tepat itu.

Jika orang tua terpaksanya belum memiliki kapasitas yang cukup untuk menjelaskan tata cara sholat, maka sebaiknya daftarkan anak Anda ke TPA atau lembaga yang berkompeten terkait hal itu. Jika salah mendidik anak tentang cara sholat, akibatnya bisa bahaya.

Ketika anak kita bertanya, “Papa, kenapa sih harus sholat?”. Kita bisa menceritakan kisah-kisah akibat meninggalkan sholat. Termasuk cerita yang meyebutkan bahwa yang meninggalkan sholat esok di alam kubur akan didatangi seekor ular ganas yang bernama Suja’ul Aqra’ dan akan dicabik-cabik olehnya.

Perbanyaklah cerita-cerita tentang akibat tidak sholat sehingga anak kelak menegakkan sholat bukan karena dipaksa, tapi karena memang ia butuh. Anda bisa menambahkan akibat-akibat lain jika meninggalkan sholat. Seperti meninggalkan sholat Subuh dengan sengaja akan masuk neraka Jahannam 60.000 tahun, meninggalkan sholat zhuhur dengan sengaja sama dengan membunuh 1.000 muslim, sama dengan Yahudi, meninggalkan sholat ashar dengan sengaja, dosanya seperti merobohkan Ka’bah, meninggalkan sholat maghrib dosanya seperti menzinai ibunya sendiri, meninggalkan sholat Isya akan dijauhkan Alloh dari Nabi Muhammad dan tidak diterima Alloh sebagai hambaNya, tidak diterima Rasulullah sebagai umatnya.

Selain itu, kita juga bisa menceritakan keuntungan sholat. Misal, jika sholat tepat waktu dengna gerakannya yang benar, bisa jadi Allah akan mengkaruniakan kesehatan dibanding yang tidak sholat. Atau pahala-pahala dan balasan-balasan orang yang sholat.

Demikianlah pentingnya sholat sehingga kita harus sejak dini mendidik anak untuk sholat dengan benar. Semoga kita semakin serius dalam mendidik anak untuk sholat karena sholat adalah tiang agama dan merupakan amalan pertama yang akan dihisab di akhirat nanti.

Profil Narasumber

kak wawan

Muhammad Puji Kurniawan, S.Sos, M.Si (Kak Wawan), merupakan seorang pemerhati pendidikan anak yang tergabung dalam Persaudaraan Pendongeng Muslim Indonesia.

sumber gambar : http://img.youtube.com/vi/jEqb5C_lbiM/0.jpg