Kecantikan, Perawatan Rambut

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Perawatan Rambut

manfaat buah mengkuduBuah mengkudu adalah salah satu jenis buah yang biasanya digunakan sebagai bahan kosmetik maupun obat, karena buah mengkudu memiliki banyak khasiat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh khususnya untuk merawat rambut. Rambut merupakan mahkota atau asset yang berharga bagi semua orang khususnya para wanita.

Buah mengkudu sangat mudah dikenali dengan ciri khas baunya yang tidak sedap, buahnya yang berbentuk oval dan ada bercak hitam serta berwarna hijau ataupun kuning saat sudah masak. Meskipun buah ini mudah dikenali dan sering dijumpai namun banyak orang yang belum mengetahui tentang manfaat buah mengkudu untuk merawat rambut. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah mengkudu untuk perawatan rambut.

1. Menghilangkan ketombe

Ketombe adalah salah satu masalah yang sering mengganggu kesehatan rambut dan sering dialami oleh banyak orang. Ketika rambut muncul ketombe, Anda pasti akan jengkel dibuatnya karena ketombe dapat menyebabkan rasa gatal yang luar biasa ketika kulit kepala berkeringat atau saat terkena sinar matahari.

Ada cara alami yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan ketombe, salah satunya adalah dengan buah mengkudu. Caranya, Anda cukup menyiapkan buah mengkudu yang sudah matang kemudian blender hingga benar-benar halus. Kemudian ratakan pada seluruh bagian kepala dan diamkan kira-kira sepuluh menit. Setelah itu, bilas rambut sampai bersih dengan menggunakan shampoo agar sisa bau tidak enak dari buah mengkudu dapat hilang.

2. Mengatasi rambut rontok

Untuk mengatasi rambut rontok, Anda dapat memanfaatkan buah mengkudu sebagai solusinya. Caranya dengan menggunakan buah mengkudu yang dicampur dengan kuning telur bebek sebagai asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut untuk mengatasi rambut rontok. Ambil buah mengkudu yang sudah matang, lalu blender sampai halus dan tambahkan dengan kuning telur bebek. Campur adonan tersebut hingga merata kemudian oleskan pada seluruh rambut yang telah dibersihkan sebelumnya. Diamkan sampai 15 menit dan bilas sampai bersih agar bau tidak sedap dan amis dari buah mengkudu serta kuning telur bebek dapat hilang.

3. Menghitamkan rambut dan mengurangi rambut beruban

Untuk menghitamkan rambut dan mengurangi rambut beruban, kita akan memanfaatkan buah mengkudu yang dicampurkan dengan daun pandan wangi. Caranya, siapkan 7 lembar daun pandan wangi kemudian potong-potong dan rebus dengan menggunakan air sebanyak 1 liter. Biarkan air rebusan daun pandan wangi semalaman. Pagi harinya, ambil 3 buah mengkudu yang telah matang dan peras airnya. Campurkan air rebusan pandan wangi dengan air perasan buah mengkudu untuk membasuh rambut. Diamkan beberapa menit kemudian bilas sampai bersih menggunakan shampo. Gunakan cara ini 3 kali dalam seminggu secara terus menerus sampai hasilnya dapat terlihat.

Merawat rambut dengan buah mengkudu cukup mudah bukan? Semoga informasi mengenai manfaat buah mengkudu untuk perawatan rambut yang telah disebutkan diatas dapat bermanfaat bagi Anda semua. Selamat mencoba.

PENTING UNTUK ANDA : 

sumber gambar : http://media.polimoli.com/media_manager/EDEL/NOVEMBER/6%20NOV/mengkudu.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Qiara Hair Tonic Natural Hair Care, Untuk Rambut Rontok dan Beruban

Qiara Hair Tonic Natural Hair Care, Untuk Rambut Rontok dan Beruban

Qiara Hair Tonic Natural Hair Care adalah ramuan tradisional alami asli Indonesia yang berkhasiat untuk ....
Shampoo Kemiri Syuga Atasi  Masalah Rambut Rontok, Kusam, Patah-Patah

Shampoo Kemiri Syuga Atasi Masalah Rambut Rontok, Kusam, Patah-Patah

Black Magic sekarang menjadi Shampoo Kemiri Syuga adalah Shampo untuk pemanjang rambut, penumbuh rambut dan penghalus rambut ....