Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

Mempersiapkan Gizi Sejak Kehamilan

Mempersiapkan Gizi Sejak KehamilanSaat hamil ibu cenderung mengalami kelemahan fisik. Karenannya, untuk mencegah terjadinya keguguran atau kesulitan dalam persalinan, fisik ibu harus diusahakan tetap bugar. Untuk menghindari kelahiran bayi premature seorang ibu harus menjaga kondisi fisiknya dengan mencukupi kebutuhan gizinya. Ia juga harus meningkatkan berat badannya bertahap sesuai dengan usia kehamilannya (sedikitnya 11 kg).  Seorang ibu hamil selain makan untuk dirinya sendiri juga harus menyediakan makanan untuk janin yang dikandungnya.Untuk itu, porsi makan ibu harus di tambah agar memperoleh kecukupan gizi untuk dirinya dan janin yang dikandungnya. Sebaiknya ketika hamil ibu memakan makanan yang segar-segar, seperti buah-buahan dan sayuran, serta menghindari makanan yang asam. Sebaiknya pilih pula makan yang padat kalori, sehingga porsinya dapat dihadirkan dalam jumlah yang tidak terlalu banyak.

Zat Gizi Yang Dibutuhkan Ibu Hamil

1.       Karbohidrat.

Karbohidrat sebagai sumber energi utama terdiri dari 2 jenis yaitu:

  • Karbohidrat sederhana, Misalnya gula pasir dan gula merah
  • Karbohidrat Kompleks, Misalnya tepung, beras, jagung, dan gandum.

2.       Protein

Protein sangat dibutuhkan bagi pertumbuhan janin. Protein terdapat di dalam ikan, tempe, tahu, kacang-kacangan, susu,  dan telur.

3.       Lemak

Lemak merupakan sumber kalori yang dilarutkan dalam vitamin A, D, E, dan K. Lemak terdapat di dalam minyak goreng, margarin, mentega, lemak hewan dan lemak tumbuhan.

4.       Berbagai Vitamin

  • Vitamin A

Vitamin A dibutuhkan untuk pertumbuhan Mata, Rambut dan Kulit. Selain untuk mencegah kelainan bawaan. Vitamin A terdapat di susu, keju, mentega, hati, kuning telur, minyak ikan, buah dan sayuran segar.

  • Vitamin B

Vitamin B dibutuhkan untuk menjaga agar system saraf agar berfungsi normal. Vitamin B ini terdapat dalam nasi, susu, daging, roti dan tempe.

  • Vitamin C
BACA JUGA:  Tips / Cara Agar Bisa Cepat Hamil

Vitamin C berguna untuk pembentukan integritas jaringan dan peningkatan penyerapan zat besi. Vitamin ini banyak terdapat dalam buah-buahan segar misalnya jeruk, pisang, dll.

5.       Berbagai Mineral

Mineral berguna untuk menumbuhkan dan memperkuat jaringan serta mengatur keseimbangan cairan tubuh.

  • Zat Besi

Berguna dalam pertumbuhan sel-sel darah merah yang dibutuhkan untuk pertumbuhan janin. Zat ini terdapat di dalam daging, ikan, dan hati ayam.

  • Kalsium

Berguna untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin. Zat ini terdapat di dalam susu sapi dan olahannya.

  • Seng

Berguna untuk mencegah kelainan kongenital (cacat bawaan) dan untuk menyokong perkembangan otak janin. Zat ini terdapat di dalam daging, hati, susu, telur, ayam, dan seafood.

  • Yodium

Penting untuk menyokong susunan saraf pusat yang berkaitan dengan daya pikir dan mencegah kecacatan fisik serta mental. Zat ini terdapat dalam rumput laut dan seafood.

Sumber Gambar :