Kehamilan & Kelahiran

Penyebab Persalinan Lama

persalinan induksiPersalinan lama (distosia) adalah persalinan yang sulit yang ditandai adanya hambatan kemajuan dalam persalinan, dimana persalinan yang telah berlangsung 12 jam atau lebih, bayi belum lahir dan biasanya disertai komplikasi ibu maupun janin.

Penyebab persalinan lama antara lain:

1. Kelainan power (kekuatan atau tenaga)

Kekuatan atau tenaga untuk melahirkan terdiri dari his atau kontraksi uterus dan tenaga meneran dari ibu. Power merupakan tenaga primer atau kekuatan utama yang dihasilkan oleh adanya kontraksi dan retraksi otot-otot rahim (pemendekan otot-oto rahim yang menetap setelah terjadinya kontraksi), jika mengalami kekurangan maka persalinan mengalami hambatan atau kemacetan. Penyebabnya yaitu faktor usia ibu yang relatif tua, dan rasa takut dan cemas.

2. Kelainan janin (passenger)

Persalinan dapat mengalami gangguan atau kemacetan karena kelainan dalam letak atau dalam bentuk janin. Kelainan bentuk dan besar janin seperti hidrosefalus, kelainan letak janin seperti letak sungsang, letak lintang, presentasi rangkap (kepal tangan, kepala kaki, kepala tali pusar ).

 3. Kelainan jalan lahir

Kelainan dalam ukuran atau bentuk jalan lahir bisa menghalangi kemajuan persalinan atau menyebabkan kemacetan.

Kriteria kemungkinan tersebut yaitu :

  • Kepala janin belum turun pada minggu ke 36 yang disebabkan janin itu terlalu besar, kesempitan panggul, lilitan tali pusar dan hidrosefalus
  • Kelainan letak : lintang, lesu
  • Pada multi para kemungkinan kesempitan panggul dapat diduga riwayat persalinan yang buruk dan persalinan dengan SC.
  • Kelainan vagina dapat mengganggu perjalanan persalinan : tumor pada vagina
  • Kekakuan himen dan perinium sehingga memerlukan episiotomi yang luas.
Dampak persalinan lama pada ibu dan janin

Persalinan lama dapat menimbulkan konsekuensi serius bagi salah satu atau ke duanya sekaligus.

BACA JUGA:  Kehamilan Kembar

1. Dampak pada ibupersalinan lama

a. Infeksi intrapartum : Adalah bahaya yang serius yang mengancam ibu dan janinnya pada partus lama, terutama bila disertai pecahnya ketuban. Bakteri didalam cairan amnion menembus amnion dan menginvasi desisdua serta pembuluh korion sehingga terjadi bakteremia dan sepsi pada ibu dan janin.

b. Reptura uri : penipisan abnormal segmen bawah uterus menimbulkan bahaya serius selama persalinan lama, terutama pada ibu dengan kehamilan tinggi dan pada mereka dengan riwayat operasi caesar

c. Pembentukan fistula : apabila bagian terbawah janin menekan kuat ke pintu atas panggul, tetapi tidak maju untuk jangka waktu yang cukup lama, bagian jalan lahir yang terletak di antaranya dan dinding panggul dapat mengalami tekanan yang berlebihan.

d. Cedera otot-otot dasar panggul

2. Efek pada janin

Partus lama dapat merugikan, apabila panggul sempit dan juga terjadi ketuban pecah lama serta infeksi intra uterus. Infeksi intrapartum bukan saja merupakan penyulit yang serius pada ibu, tetapi juga merupakan penyebab penting kematian janin dan neonatus. Hal ini disebabkan bakteri didalam cairan amnion menembus selapu amnion dan menginvasi desiduaserta pembuluh korion, sehingga terjadi bakterimia pada ibu dan janin.Pnemonia janin akibat aspirasi cairan amnion yang terinfeksi adalah konsekuensi serius lainnya.

Sumber gambar:
1.http://id.theasianparent.com/persalinan-dengan-induksi/
2.http://www.bidankita.com/beta/images/stories/vaccum_forcep_delivery.jpg