Bayi & Anak, Parenting, Tumbuh Kembang Anak

Pertumbuhan Anak Bulan Ke 3 Dan Bulan Ke 4

Pertumbuhan Anak Bulan Ke 3Sebelumnya telah kami bahas tentang pertumbuhan anak bulan 1 dan ke 2. Berikut akan kami lanjutkan  membahas tentang pertumbuhan anak bulan 3 dan ke 4.

Bayi pada bulan ke 3 dan ke 4 lebih mudah diatur jadwal minum dan tidurnya. Sudah tidak rewel. Mulai usia ini tahap-tahap perkembangannya lebih baik.

Pada bulan ke 3 bayi sudah bisa membedakan wajah ibu dan ayahnya, bayi sudah mulai tertarik untuk mempelajari apa saja yang da disekitarnya. Ia senang mengamati dan mulai ingin menyentuh benda-benda. Keinginan dan kebutuhan bayi lebih mudah dipahami. Reflek bayi juga mulai menghilang berganti dengan gerakan-gerakan yang lebih disadari.

Reflex menggenggam sudah mulai menghilang , jari-jari sudah mulai bergerak bebas tidak slalu mengepal. Gerakannya sudah mulai terarah. Otot lehernya sudah lebih kuat sehingga bayi bisa dibaringkan terlentang dan memandang lurus ke depan.

Pada bulan ke 4 penglihatannya sudah hampir sempurna. Gerakan tangan dan penglihatan sudah mulai terkoordinasi sehingga bayi terus berlatih gerakan-gerakan meraih lalu menggenggam.Pada usia 3-4 bulan bayi mempelajari sesuatu yang sangat berarti bagi perkembangan intelektualnya yaitu hubungan sebab akibat.

Apabila ia menggerak-gerakan tangan dan kaki ia bisa menyentuh benda-benda dan mengerakkannya. Ia juga mengeluarkan suara dengan tujuan yang jelas. Dengan kata lain suara-suara yang dikeluarkan telah digunakan sebagai sarana untuk mengungkapkan perasaannya atau berkomunikasi dengan orang-orang disekelilingnya.

Semakin anda merespon segala suara maupun tangisannya bayi akan semakin terlatih untuk mengekspresikan dengan tepat apa yang diinginkannya.

Yang perlu diperhatikan orang tua:

  • Dengan berkembangnya penglihatan berkembang pula kemampuan bersosialisasinya.
  • Mulai menghilangnya reflex berganti dengan gerakan-gerakan yang disadarinya yang didorong oleh rasa ingin tahunya. Berilah dia kesempatan untuk melakukan hal-hal tersebut.
  • Mulai berkurangnya tangisan berganti dengan suara-suara yang berguna untuk melatih kemampuan berkomunikasinya.
  • Berkembangnya minat terhadap keadaan sekitarnya sehingga menggendongnya dalam posisi tidur akan membuat area pandangannya menjadi sangat terbatas sehingga bayi bosan dan rewel. Gendonglah bayi dalam posisi duduk dengan punggung bersandar pada dada sehingga dia bebasa mengamati sekitarnya.
  • Kenalilah reaksi-reaksi emosionalnya yang menunjukkan rasa gembira, takut atau marah. Ini adalah salah satu cara untuk mengenali sifat-sifat bayi anda secara individual dan melatih mengungkapkan tingkah laku sesuai dengan perasaannya.
  • Rawatlah dan memberilah cinta serta perhatian pada bayi anda. Jika anda mulai bekerja carilah pengganti yang dapat dipercaya untuk melakukan tugas-tugas itu .

Pada usia 3 bulan bayi senang memandangi dan melambaikan tangannya. Memasukkan benda-benda kedalam mulut untuk dieksplorasi serta suka mendengarkan suaranya sendiri. Pada masa ini berilah bayi mainan-mainan yang terbuat dari karet dan berwarna cerah serta aman (tidak berujung tajam dan tidak mengandung zat pewarna) dan mainan yang berbunyi.

Atau gantungkan berbagai benda disekitar tempat tidurnya. Selain itu bayi juga harus diberi kesempatan untuk menikmati pemandangan diluar rumah dan diberi kesempatan untuk mendengarkan music yang lembut.

Bayi mengembangkan kebutuhan khusus dengan setiap orang yang memberi makan ataupun yang merawatnya. Seperti pada saat ibu memberi ASI hubungan khusus itu akan terbentuk dengan cara mendekap dan menempelkan bayi sehingga bayi dapat merasakan kehangatan kulit anda secara langsung.

Hubungan khusus antara bayi dengan ayah dan ibunya perlu dibina dan diperhatikan agar tumbuh kepercayaan bayi bahwa orangtuanya bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhannya. Bayi membina keterikatan dengan orang tua maupun pengganti orangtua pada saat bersamaan.

Tempatkanlah bayi dalam kamar tidur yang disekitar tempat tidur dan ruang tidurnya disediakan berbagai benda dan mainan agar bayi mempunyai kesempatan belajar yang optimal dengan benda-benda yang dapat diraih dan diraba atau sekedar dipandangi.

Bila Anda tak bisa membeli anda bisa membuat sendiri mainan tersebut yang penting anda harus yakin bahwa benda-benda tersebut aman bagi bayi.

Sumber Gambar : http://funtvweb.com/uploads/2014/03/funny-baby-wallpapers-hd.jpg