Bayi & Anak, Kesehatan

Memilih Baju Bayi Yang Nyaman Dengan Benar

tips memilih baju bayiMemiliki seorang bayi bagi pasangan suami istri adalah sebuah kebahagiaan tersendiri. Bayi terlahir ke dunia dengan segala kelucuannya sehingga tampak begitu menggemaskan. Tidak heran jika orang tua suka memilih baju bayi yang lucu dan unik sehingga buah hatinya semakin terlihat menggemaskan.

Memilih baju bayi memang hal yang bisa dikatakan gampang-gampang susah karena kulit bayi hingga mereka berusia 1 tahun, bagian kulit terluar atau lapisan epidermis mereka 20-30 persen lebih tipis jika dibandingkan dengan orang dewasa. Karena pertahanan pada bagian permukaan kulit belum sempurna maka terjadinya iritasi kulit dari luar akan lebih mudah terjadi, dan hal ini bisa mengganggu organ bagian dalam tubuh si anak.

Cara memilih baju bayi yang nyaman dengan benar dan tepat

Untuk itu, penting bagi orang tua untuk memperhatikan beberapa hal penting saat memilih baju bayi agar nyaman saat dikenakan dan juga awet. Berikut ini adalah cara memilih baju bayi yang nyaman dengan benar dan tepat.

1. Pilih baju bayi dengan bahan katun

Pilih baju bayi dengan bahan 100 %katun sebab katun dapat menyerap keringat dengan baik. Baju bayi dengan bahan sintetis bisa menyebabkan kulit bayi menjadi lembab, sedangkan wool bisa membuat kulit iritasi sehingga tidak baik bagi kesehatan bayi. Kenyamanan berpakaian adalah hal yang sangat krusial bagi bayi baru lahir.

2. Ukuran baju bayi

Pilihlah ukuran baju bayi yang sesuai dengan usia bayi. Baju bayi yang kesempitan akan menyebabkan berbagai macam masalah bagi bayi seperti iritasi kulit, biang keringat dan lain sebagainya. Pakaian yang tidak nyaman juga akan membuat bayi menjadi rewel. Pastikan bahwa bayi Anda merasa nyaman, tidak kesulitan dalam bergerak dan tidak timbul masalah kulit pada saat memakainya.

3. Utamakan keamanan dan kenyamanan bagi bayi

Baju yang lucu disertai dengan aksesoris belum tentu membuat bayi merasa nyaman ketika memakainya. Saat memilih baju bayi, bunda harus mengutamakan kenyamanan bayi, jengan menggenakan pakaian bayi yang terlalu ribet. Hindari aksesoris dengan menggunakan tali-tali karena hal itu bisa saja membahayakan bayi seperti tercekik.

Usahakan memilih baju dengan kancing yang kuat dan tidak mudh lepas karenba beresiko tertelan. Pilih juga baju bayi dengan warna yang tidak mudah luntur karena sablonan atau warna baju yang luntur juga beresiko mengiritasi kulit bayi.

4. Jangan membeli baju bayi terlalu banyak

Pada saat bunda membeli baju untuk buah hatinya yang akan lahir, usahakan untuk membeli baju secukupnya saja dan jangan terlalu banyak tapi juga jangan terlalu sedikit karena tumbuh kembang bayi akan sangat cepat. Jenis kelamin bayi juga belum bisa dipastikan 100% sehingga belilah dengan warna yang netral.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para Bunda sebelum membeli baju bayi yang nyaman, awet dan aman bagi kesehatan bayi. Semoga informasi di atas bisa berguna bagi para Bunda.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://www.infokids.gr/uploads/2014/09/what-detergent-for-baby-clothes.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Bedong Bayi Instan Dita, Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Bedong Bayi Instan Dita, Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Bedong instan Dita adalah salah satu bedong bayi yang pemakaiannya sangat mudah. Pertama buka bedong, ....
Babybee Latex Newborn Pillow, Bantal Bayi Anti Peyang

Babybee Latex Newborn Pillow, Bantal Bayi Anti Peyang

Babybee latex newborn pillow merupakan bantal bayi anti peyang yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi ....
Baby Moon Walk Alat Bantu Jalan Bayi

Baby Moon Walk Alat Bantu Jalan Bayi

Mobi Baby Moon Walk merupakan salah satu perlengkapan bayi yaitu alat bantu jalan bayi yang ....