Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

Mencegah Berat Badan Bayi Rendah Saat Lahir

mencegah berat badan bayi rendahBerat badan bayi yang rendah saat lahir adalah bayi yang terlahir dengan berat badan yang kurang dari 2500 gram sampai 2499 gram. Bayi yang lahir dengan berat badan rendah mungkin saja karena bayi prematur (lahir kurang bulan) atau bisa juga cukup bulan (dismatur). Namun, tidak semua bayi berat badan lahir rendah atau BBLR dengan berat badan kurang dari 2500 gram disebut dengan bayi prematur.

Perlu bunda ketahui bahwa berat badan bayi rendah saat dilahirkan akan memiliki banyak resiko bayi terkena berbagai macam penyakit dan beresiko juga terhadap perkembangan bayi di masa depan. Selain itu, bayi dengan berat badan lahir rendah juga bisa mengalami gangguan fisik nan mental pada usia tumbuh kembang.

Cara Mencegah Berat Badan Bayi Rendah

Lalu bagaimana cara mencegah bayi Anda terlahir dengan berat badan yang kurang? Berikut ini adalah tips yang dapat bunda lakukan untuk mencegah berat badan bayi kurang saat dilahirkan.

  1. Memeriksakan kandungan secara rutin kepada tenaga kesehatan spesialis kandungan atau dokter kandungan.
  2. Memperbanyak konsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang dan variatif pada masa kehamilan. Cukupi kebutuhan energi dengan mengkonsumsi nasi, jagung, kentang, ubi, pasta dan lain sebagainya. Cukupi juga kebutuhan protein dengan ikan, daging, telur dan ayam. Selain itu, kebutuhan akan vitamin dan juga mineral dari sayuran, kacang-kacangan, buah dan
  3. Jika bunda menikah muda, maka hindari kehamilan hingga usia bunda memasuki 20 tahun.
  4. Hindari melakukan pekerjaan yang terlalu berat dan melelahkan pada masa kehamilan agar bayi dalam kandungan dapat tumbuh dengan sehat.
  5. Hendaknya bunda merencanakan jarak kehamilan, paling tidak berjarak 2 tahun dengan kehamilan yang sebelumnya.
  6. Minumlah vitamin atau penambah darah sesuai dengan resep dokter selama kurang lebih 90 hari.
  7. Selama masa kehamilan, bunda harus mendapatkan waktu istirahat yang cukup agar tidak terlalu capek.

Mengkonsumsi susu ibu hamil secara teratur sebanyak 2 kali dalam sehari juga bisa mencegah berat badan bayi kurang pada saat lahir. Dengan mengkonsumsi makanan sehat dan minum susu ibu hamil maka kebutuhan vitamin dan mineral bagi ibu hamil dan janin sudah bisa tercukupi. Tidak hanya itu saja, mengkonsumsi makanan sehat dan susu ibu hamil juga bisa memenuhi kalsium untuk pembentukan tulang dan gigi serta asam folat untuk mengurangi resiko kelainan bawaan pada janin dalam kandungan, zat besi untuk mencegah anemia pada kehamilan dan lain sebagainya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://moirody.ru/uploads/2014/08/moi-rodi33.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil adalah Madu alami yang di campur dengan bahan-bahan herbal yang bermanfaat untuk ....