Kesehatan

Karbohidrat Membuat Tubuh Langsing

karbohidrat untuk diet melangsingkan tubuhAnggapan bahwa karbohidrat bisa membuat badan menjadi melar, tidak sepenuhnya benar. Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang yang mengkonsumsi karbohidrat secara teratur malah lebih langsing ketimbang orang yang menghindarinya.

Dalam penelitian tersebut, disimpulkan bahwa tubuh langsing akan diperoleh jika Anda memenuhi asupan karbohidrat sebesar 64% dari total kalori yang Anda makan atau sekitar 361 gram. Jadi, kalau Anda mau langsing, Anda jangan sampai tidak makan karbohidrat sama sekali. Namun demikian, perlu diperhatikan tipe karbohidrat yang menjaga tubuh agar tetap langsing, bukan sembarang karbohidrat, karbohidrat disini yang dimaksud adalah tipe karbohidrat resistant starch atau sari pati.

Sari pati bersifat memperlambat proses pelumatan makanan dalam tubuh, sehingga nafsu makan Anda menjadi ditekan, terjadi pembakaran kalori lebih banyak, lebih berenergi, stress berkurang, serta sedikit kolesterol. Tipe karbohidrat saripati yang melangsingkan ini banyak terdapat dalam kentang, pisang, oatmeal, buncis, jagung, dan pasta.

Alasan mengapa karbohidrat membuat tubuh langsing  yaitu karena sari pati mempunyai beberapa bermanfaat untuk tubuh, diantaranya:

Tidak dicerna oleh tubuh

Sari pati masuk ke usus besar dan berfungsi seperti serat yang membantu proses diet. Ini berbeda dengan tipe karbohidrat sederhana seperti gula yang sangat cepat dicerna dalam tubuh, yang bisa cepat menimbulkan rasa lapar yang berulang.

Membuat sensasi kenyang yang lebih lama

Sari pati lebih lama dicerna oleh tubuh dibandingkan dengan makanan lainnya, sehingga Anda tidak mudah lapar.

Meningkatkan level hormon pengatur rasa lapar dan kenyang

Sari pati meningkatkan level hormon pengatur rasa lapar dan kenyang, lalu memberitahukan pada otak agar menekan nafsu lapar.

Hormon tersebut juga  mengatur metabolisme dalam tubuh serta membuat sel-sel tubuh lebih sensitif terhadap insulin.

Dapat mengontrol kadar gula dalam darah

Selain bermafaat untuk diet, karbohidrat jenis sari pati juga dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Riset yang dilakukan membuktikan bahwa dengan mengonsumsi sari pati dapat menurunkan kadar gula dalam darah hingga 38%.

Dapat mempercepat metabolisme tubuh

karbohidrat jagungMengkonsumsi sari pati dapat mempercepat metabolisme tubuh karena melewati sistem pencernaan dan melepaskan asam lemak yang berfungsi mendorong pembakaran lemak terutama di bagian perut. Asam lemak tersebut menjaga masa otot dan membantu Anda menurunkan berat badan dengan cepat.

Jika Anda sedang melakukan diet karbohidrat, bukan berarti Anda harus meniadakan karbohidrat dalam menu Anda. Kombinasikan asupan karbohidrat Anda. Walaupun nasi beras merah lebih baik ketimbang nasi putih, namun tidak ada salahnya jika dicampur dengan sedikit nasi putih. Kombinasikan pula dengan buncis, jagung, atau makanan lain yang kaya sari pati. Ini akan lebih baik ketimbang memantang karbohidrat sama sekali.

MENARIK UNTUK DICOBA:

Sumber gambar :
1. http://1.bp.blogspot.com/-g0fuKTspekE/T_ElbL-V1XI/AAAAAAAABFU/guR2m1mXUPg/s400/Contoh+Makanan+Yang+Mengandung+Karbohidrat.jpg
2. http://4.bp.blogspot.com/-4ly1JJKDlKE/UMIh-yTY7nI/AAAAAAAAA0E/pShRlNc_Zgg/s1600/jagung.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Moment Slimmer Untuk Menurunkan Berat Badan

Moment Slimmer Untuk Menurunkan Berat Badan

Moment slimmer merupakan produk herbal alami yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Produk pelangsing tubuh ....
Obat Pelangsing Herbal, Ratu Langsing Herbalindo

Obat Pelangsing Herbal, Ratu Langsing Herbalindo

Ratu Langsing Herbalindo adalah obat pelangsing herbal yang terbuat dari   bahan alami 100% untuk ....