Perawatan Kuku Bayi Baru Lahir Dengan Aman

perawatan kuku bayiPerawatan kuku untuk bayi baru lahir perlu dilakukan secara rutin karena tangan adalah tempat yang paling disukai oleh bakteri dan kuman untuk berkumpul. Kuku bayi baru lahir mungkin lebih lembut dan rapuh jika dibandingkan dengan orang dewasa. Namun jangan salah, meskipun kuku bayi masih rapuh tapi sangat tajam.

Perawatan Kuku Pada Bayi Baru Lahir

Kuku bayi tumbuh dengan begitu cepat sehingga bunda perlu melakukan perawatan kuku secara rutin, mungkin dapat dilakukan dua kali dalam seminggu. Sedangkan untuk kuku kakinya biasanya tumbuh lebih lambat sehingga bunda dapat memotongnya sebulan sekali. Perawatan kuku juga membutuhkan lebih banyak ketelitian dan harus dilakukan dengan hati-hati. Berikut ini adalah tips perawatan kuku bayi baru lahir yang dapat bunda gunakan.

1. Gunakan peralatan untuk perawatan kuku yang tepat

Gunakan gunting atau peralatan potong kuku dan manicure pedicure yang khusus digunakan untuk bayi. Kini peralatan tersebut sudah bisa bunda dapatkan di toko-toko khusus peralatan bayi.

2. Gunting kuku bayi baru lahir setiap sehabis mandi

Guntinglah kuku bayi Anda sehabis mandi karena kuku biasanya lebih lunak sehingga lebih mudah untuk dipotong. Nah, perlu diperhatikan juga oleh bunda bahwa memotong kuku bayi akan lebih mudah lagi pada saat bayi sedang tidur atau sedang menyusu.

3. Potong kuku bayi dengan bentuk lurus dan rata

Cara memotong kuku bayi tidak melengkung seperti orang dewasa, potonglah dengan bentuk lurus rata. Usahakan untuk memotong kuku bayi jangan terlalu pendek atau atau jangan juga menyisakan kuku terlalu panjang.Tinggalkan kuku bayi sedikit saja agar jari bayi yang masih sangat lembut dan sensitif tidak terluka saat perawatan kuku.

4. Siapkan tisu dan juga obat antiseptik

Dalama perawatan kuku bayi, tisu dan obat antiseptik dibutuhkan untuk berjaga-jaga jika ujung jari bayi tergores atau terluka oleh alat pemotong kuku. Namun, hindari kejadian tersebut dengan cara memotong kuku dengan penuh kehati-hatian.

Waktu terbaik untuk melakukan perawatan kuku pada bayi baru lahir adalah pada saat bayi tertidur lelap. Pastikan juga bunda mendapat cahaya atau penerangan yang cukup pada saat memotong kuku. Hal itu bertujuan untuk menghindari terjadinya goresan atau luka pada ujung jari bayi yang dapat menyebabkan jari berdarah bahkan infeksi.

Selain dengan cara memotong kuku bayi, perawatan kuku bayi baru lahir yang lainnya adalah dengan memberikan sarung tangan atau kaos kaki tangan pada bayi. Hal itu juga bisa bermanfaat untuk mencegah kuku bayi menggores kulit bagian tubuh lainnya seperti pipi, hidung dan lain sebagainya. Semoga informasi tersebut bermanfaat. Selamat mencoba bunda.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://fullfitsure.com/uploads/2014/09/Ways-to-stop-kids-nail-biting7.jpg

Bedong Bayi Instan Dita, Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Bedong Bayi Instan Dita, Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Bedong instan Dita adalah salah satu bedong bayi yang pemakaiannya sangat mudah. Pertama buka bedong, ....
Rp 55.000 Beli
Baby Moon Walk Alat Bantu Jalan Bayi

Baby Moon Walk Alat Bantu Jalan Bayi

Mobi Baby Moon Walk merupakan salah satu perlengkapan bayi yaitu alat bantu jalan bayi yang ....
Rp 100.000 Beli

Komentar