Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

Penyebab Stres Ibu Hamil Yang Mengganggu Perkembangan Janin

penyebab stres yang mengganggu kesehatan ibu hamilPerubahan fisik pada ibu hamil serta mental psikologi seringkali menyebabkan stress tersendiri bagi ibu hamil. Untuk itu, mengenali beberapa tanda gejala stress pada masa kehamilan penting untuk diketahui ibu hamil selama masa kehamilan. Dengan begitu, ibu hamil bisa mencegah dan mengatasi berbagai rasa dan hal-hal yang menjadi penyebab stress pada ibu hamil.

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab stress dan ibu hamil mengalami tekanan mental yang berlebihan. Karena pada dasarnya tingkatan stress pada diri seseorang termasuk pada ibu hamil selama masa kehamilan bisa masuk dalam tahapan ringan, sedang maupun tinggi. Yang perlu membutuhkan perhatian dan dikhawatirkan adalah jika tahapan stress yang dialami ibu hamil masuk dalam tahapan stress tinggi. Maka hal itu harus segera diatasi.

Faktor Penyebab Stres Mental Pada Ibu Hamil

Ada beberapa hal yang menyebabkan ibu hamil mengalami stress mental sehingga bisa mengganggu perkembangan janin dalam kandungan. Berikut ini adalah beberapa hal paling umum yang memicu stress.

1. Kesehatan ibu hamil
Pada saat ibu hamil menjalani masa kehamilan, akan terjadi perubahan fisik yang sangat signifikan. Biasanya ibu hamil tersebut akan memiliki kekhawatiran yang berlebih terhadap naiknya berat badan sang ibu, nyeri sendi, munculnya stretchmark dan mual pada pagi hari.

2. Kesehatan bayi dalam kandungan
Ibu hamil biasanya memiliki kecemasan yang berlebih pada kesehatan bayi dalam kandungan, hal itu juga merupakan salah satu penyebab stress pada ibu hamil. Terlebih lagi jika bayi dalam kandungan beresiko memiliki penyakit genetik yang diturnkan dari sang ibu. Hal itu juga bisa menjadikan kecemasan yang berlebihan pada ibu hamil.

3. Stres memikirkan cara merawat bayi
Terlalu memikirkan masa depan anak secara berlebihan juga bisa menjadi penyebab stress pada ibu hamil, selain itu memikirkan kesiapannya dalam merawat bayi juga bisa membuat tekanan stress semakin meningkat.

4. Masalah ekonomi keuangan
Lahirnya buah hati kedunia tentu saja akan meningkatkan kebutuhan untuk hidup. Misalnya saja kebutuhan selama masa kehamilan untuk perawatan kesehatan ibu hamil dan janin, biaya setelah melahirkan, biaya untuk perlengkapan bayi, dan kebutuhan-kebutuhan lain dimasa mendatang. Hal ini juga bisa menjadi penyebab stress mental pada ibu hamil semakin tinggi.

Jika ibu hamil mengalami stress selama masa kehamilan maka segeralah untuk mengatasinya. Jangan biarkan stress menguasai diri Anda karena stress pada masa kehamilan bisa memberikan efek yang buruk bagi perkembangan janin dan juga ibu hamil. Semoga bermanfaat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://storage0.dms.mpinteractiv.ro/media/401/523/7586/10959980/1/2765095-publimedia-shutterstock.jpg?width=630

Produk Menarik untuk Anda:

Penyangga Perut Ibu Hamil Anannda

Penyangga Perut Ibu Hamil Anannda

Sabuk Penyangga Perut Ibu HamilĀ adalah sabuk untuk penyangga perut ibu hamil yang mempunyai fungsi untuk ....
Maternity Pillow, Bantal Ibu Hamil dan Menyusui

Maternity Pillow, Bantal Ibu Hamil dan Menyusui

Maternity pillow merupakan bantal ibu hamil dan ibu menyusui yang bisa memberikan sebuah kenyamanan pada ....