Bayi & Anak, Kesehatan

Cara Merawat Rambut Bayi Baru Lahir Dengan Tepat

Tidak semua bayi baru lahir mempunyai rambut yang lebat dan juga bagus. Sebagian kecil dari bayi baru lahir mungkin ada juga yang hanya mempunyai rambut tipis atau bahkan sama sekali tidak mempunyai rambut. Bagi bunda yang memiliki buah hati dengan rambut yang sedikit atau tipis mungkin akan merasa cemas dan khawatir, apakah nantinya rambut buah hatinya bisa tumbuh lebat?

Bunda tidak perlu cemas dan khawatir secara berlebihan karena rambut tipis pada bayi baru lahir hanya akan bertahan 3 hingga 4 bulan saja kemudian akan rontok dan tumbuhlah rambut baru yang lebih tebal dan lebat. Sesudah mengalami kerontokan, barulah rambut baru bayi akan tumbuh menjadi lebih tebal dan kemungkinan mengikuti pola rambut dari orangtuanya. Jadi, bunda tidak perlu khawatir jika buah hatinya tidak memiliki rambut pada saat dilahirkan di dunia.

Cara Merawat Rambut Bayi Yang Baru Lahir

Berikut ini adalah cara merawat rambut bayi baru lahir dengan tepat yang dapat bunda lakukan untuk menjaga kesehatan rambut bayi.

  1. Untuk bayi baru lahir, bunda dapat membersihkan rambutnya dengan menggunakan air hangat dan jika perlu bisa juga menggunakan shampo khusus untuk bayi sambil diusap secara perlahan dan jangan terlalu menekannya terlalu keras karena kepala bayi masih belum terbentuk sempurna sehingga masih sangat lembek.
  2. Cara merawat rambut yang kedua adalah dengan mengeramasinya paling tidak 2 sampai 3 kali dalam satu minggu. Saat melakukan cara tersebut bunda juga bisa sambil mengajaknya berkomunikasi.
  3. Rambut pada bayi baru lahir biasanya tipis, maka bunda bisa mencukur rambut bayi agar selanjutnya pertumbuhan rambut bayi akan menjadi lebih baik. Untuk mencukur rambut bayi biasanya dilakukan oleh orang tua setelah bayi berusia 30 atau 40 hari.
  4. Gunakanlah sisir dengan gigi-gigi yang jarang dengan ujung sisir yang lembut. Menggunakan sisir yang tepat pada bayi juga bertujuan untuk menghindari rambut kusut dan rasa sakit saat disisir.
  5. Setiap satu minggu sekali bunda juga bisa memberikan nutrisi pada rambut bayi dengan mengoleskan minyak kemiri atau lidah buaya sebelum keramas sehingga rambut akan tumbuh lebih lebat dan sehat.
BACA JUGA:  Cara Merawat Rambut Untuk Wanita Berjilbab

Itulah beberapa cara merawat rambut untuk bayi baru lahir agar rambut bayi nantinya bisa tumbuh dengan lebt dan sehat. Cara merawat rambut tersebut sangat mudah dan aman sehingga tidak membahayakan kesehatan bayi khususnya di bagian kulit kepala dan rambut. Semoga bermanfaat.

sumber gambar : http://www.diyhealth.com/uploads/2012/07/gentle_massage_with_oil_ekl7b.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Bedong Bayi Instan Dita, Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Bedong Bayi Instan Dita, Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Bedong instan Dita adalah salah satu bedong bayi yang pemakaiannya sangat mudah. Pertama buka bedong, ....
Babybee Latex Newborn Pillow, Bantal Bayi Anti Peyang

Babybee Latex Newborn Pillow, Bantal Bayi Anti Peyang

Babybee latex newborn pillow merupakan bantal bayi anti peyang yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi ....