Kesehatan

Terlalu Banyak Konsumsi Kopi Berpengaruh Terhadap Payudara

Share Yuk!

kopiKopi merupakan salah satu minuman yang cukup beken sebagai teman bersantai dan menenangkan pikiran. Namun dibalik kenikmatan kopi, ternyata banyak pula terdapat bahaya kopi bagi kesehatan tubuh kita. Bagi wanita, terlalu banyak mengkonsumsi kopi dapat memberikan pengaruh negatif langsung kepada payudara mereka. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Benjolan di payudara

 

 

 

Kafein bisa menyebabkan payudara fibrokistik, yaitu mengandung sel-sel yang mengumpulkan cairan dalam kista yang sering membuat benjolan atau gumpalan di payudara. Karakternya berupa benjolan bulat yang bergerak bebas si payudara. Benjolan ini sering lembut ketika disentuh. Sifatnya bisa permanen atau sementara, namun yang pasti, gejalanya akan semakin buruk sebelum haid dan di awal kehamilan. Payudara fibrokistik karena asupan kafein ini biasanya tidak meningkatkan resiko kanker payudara, juga tergantung pada faktor usia dan hormon.

2. Sakit di payudara

Kafein bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa sakit pada payudara. Asupan kafein dapat memperparah rasa sakit bila Anda telah menderita payudara fibrokistik sebelumnya. Menurut Georgetown University Department of Medicine, rasa sakit ini bisa datang terus menerus atau hanya kadang-kadang.

3. Payudara menjadi padat

Penelitian di University of Rochester Medical Center menunjukkan bahwa asupan tinggi kafein yang menyebabkan perubahan fibrokistik di payudara juga bisa menyebabkan daerah tertentu di payudara menjadi padat.

4. Ukuran payudara cenderung mengecil

Berdasar hasil penelitian British Journal of Cancer minum tiga cangkir atau lebih kopi sehari dapat memperkecil ukuran payudara wanita.Setengah responden mengalami mutasi gen akibat asupan kopi berlebihan,yang berdampak pada volume payudara.Memang payudara tidak sampai menghilang total,hanya mengalami penyusutan sebesar 17% dibanding mereka yang minum kopi kurang dari tiga cangkir.Tapi hasil penelitian ini hanya menunjukan wanita yang memiliki payudara besar saja yang berisiko,hal ini juga tidak berpengaruh terhadap pria yang minum kopi.

 sumber gambar : http://1.bp.blogspot.com/-Ej_M6FwhRGo/UxVeB68ZdGI/AAAAAAAAG5Y/8F6FJe8wGV8/s1600/4+Cara+Memanfaatkan+Bubuk+Kopi+Untuk+Perawatan+Kecantikan.jpg
Share Yuk!
BACA JUGA:  Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan Anak