Kehamilan & Kelahiran

Resiko Melakukan Induksi Saat Persalinan

Share Yuk!

induksi saat melahirkanSebelum memutuskan induksi pahami alasannya. Alasan utama induksi haruslah karena diagnosa medis, seperti diabetes gestational atau tekanan darah tinggi pada ibu. Di Amerika Serikat ada dokter memilih induksi karena alasan “sosial” yaitu untuk menghindari bayi lahir hari libur. Sementara di Indonesia induksi diberikan karena alasan kurangnya pengetahuan pasien atau ingin mempercepat proses persalinan. Sejatinya, ketika ada indikasi medis untuk ibu dan bayi, maka induksi perlu dilakukan. Namun, induksi sebaiknya dihindari untuk bayi pertama karena resikonya cukup besar. Berikut ini resiko yang harus dihadapi ibu jika melakukan induksi.

Induksi meningkatkan resiko untuk operasi caesar.

Menurut penelitian induksi meningkatkan resiko bedah caesar.Untuk ibu yang baru pertama kali punya anak induksi dapat melipatgandakan resiko bedah caesar. Induksi juga bisa mengakibatkan bayi terlilit tali pusar dan kemungkinan persalinan bisa berakhir dengan bedah caesar.

Induksi tidak memungkinkan makan banyak.

Tidak makan untuk beberapa jam adalah suatu yang menakutkan bagi perempuan hamil. Alasan dokter atau bidan melarang makan selama persalinan karena bisa mengakibatkan mual muntah dan meningkatkan resiko bedah caesar (dalam operasi apapun, pasien tidak diperbolehkan makan karena isi perut bisa bermuara di paru-paru selama operasi dan bisa menyebabkan komplikasi serius seperti pneumonia.) Jika memungkinkan makan sarapan sebelum Anda melakukan induksi untuk menjaga energi . Tanyalah pada dokter makanan apa yang boleh dimakan selama persalinan. Perlu diketahui setelah diinduksi proses persalinan masih akan berjalan panjang dan akan menguji kesabaran pasien. Jika setelah induksi belum melahirkan selama 12 jam, pasien dibolehkan menyantap makanan ringan seperti buah dan kaldu sup.

Induksi memakan waktu cukup lama.

Induksi seperti menyalakan mobil dengan accu yang mati. Anda bisa terus mendorong tapi jika belum waktunya, kelahiran tidak akan terjadi. Perlu diingat tujuan dari induksi adalah untuk membantu perempuan hamil melakukan persalinan normal dan kemudian memonitornya sepanjang proses induksi. Jika Anda tidak memahami proses persalinan, induksi hanyalah permainan tebak-tebakan

 sumber gambar : http://doitnaturally.ca/uploads/2013/05/Picture1.jpg
Share Yuk!
BACA JUGA:  Ciri-Ciri Bayi Normal dan Sehat