Penyakit ISPA Pada Anak

penyakit ispa pada anakISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) merupakan infeksi yang berawal dari saluran pernapasan hidung, tenggorokan, laring, trakea, bronchi dan alveoli. ISPA merupakan penyakit infeksi akut yang menyerang salah satu bagian dan atau lebih dari saluran nafas mulai dari hidung (saluran atas) hingga alveoli (saluran bawah) termasuk jaringan adneksanya seperti sinus, rongga telinga tengah dan pleura.

ISPA (Infeksi saluran pernafasan akut) yaitu infeksi akut dan saluran pernapasan. Infeksi akut yang selama ini kita kenal adalah suatu serangan vector penyakit (virus, bakteri, parasit, jamur, dll) selama 14 hari lebih dan jika dibiarkan dapat menjadi kronis, sedangkan saluran pernapasan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya adalah organ-organ yang terlibat dalam pernapasan.

Penyakit ISPA sangat erat kaitannya dengan sistem kekebalan tubuh seseorang. Pada sebagian kasus ISPA, mereka yang terinfeksi adalah anak-anak dikarenakan sistem kekebalan tubuh yang mereka punya menurun atau memang masih rendah dibandingkan orang dewasa.

Kematian dari penyakit ISPA yang dapat ditimbulkan cukup tinggi (20-30%), dan perlu dicatat bahwa penyakit ISPA merupakan masalah kesehatan tidak boleh diabaikan karena menyebabkan kematian bayi dan balita yang tinggi dengan rasio 1 diantara 4 Penyakit ini dapat ditularkan melalui udara pernapasan yang mengandung kuman yang dihirup orang sehat lewat saluran pernapasan.

ISPA yang tidak ditangani secara lanjut apalagi dianggap sepele dapat berkembang menjadi pneumonia (khususnya menyerang anak kecil dan balita apabila terdapat zat gizi yang kurang dan ditambah dengan keadaan lingkungan yang tidak bersih).bayi. Jadi kita dapat memperkirakan episode ISPA dapat terjadi 3-6 kasus kematian setiap tahun. Angka tersebut dibuktikan pada kunjungan pasien ke puskesmas yang cukup tinggi untuk penyakit ISPA yaitu rata-rata lebih dari 25% terutama pada usia balita.

 PENTING UNTUK ANDA 

[wpsc_products product_id=’5949′]

sumber gambar : http://static2.szekelyhon.ro/pictures/vasarhely/aktualis/h1n2_b.jpg

2 thoughts on “Penyakit ISPA Pada Anak”

  1. bgaimn cra mengatasinya dan gmn cara menyembuhkan?trus gmn cranya agar penyakit tersebut tdk kambuh lg alias sembuh total.trims

    Reply
    • Bbrp hal yang perlu diperhatikan u membantu mengatasi ispa adalah :
      1. Perhatikann kebersihan dengan seksama
      2. Perbaiki pola makan. U mendapatkan kondisi tubuh yang kuat thdp daya tahan penyakit kita bisa.emulai dengan menerapkan pola food combining. Bahasan ada di web ni. Tujuannya u menyeimbangkan asamm basa tubuh. Pola makan kita yg keliru akan meningkatkan ke asaman tubuh ygmenyebabkan turunnya daya tahan tubuh.
      3. Menghindri makanam yang beraditif penngawet pemanis pewarna penyedep
      4. Menghindari sangat konsumsi minum susu olahan. Yg banyak tersebar di swalayan dg berbagai merknya. Susu kotak. Susu bubuk. Susu kennal manis.
      5.olahraga yang cukup.
      6. Sring berjemur di matahari pagi
      7. Minum air yang cukup terutama air dengan pH Basa.
      8. Jangan lupa buah dan sayur.

Leave a Comment