Bayi & Anak, Kesehatan

Pure Alpukat MPASI Rumahan Untuk Bayi 6 Bulan

Setelah usia bayi 6 bulan, Air Susu Ibu (ASI) sudah tidak mampu lagi mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi secara lengkap. Bayi 6 bulan membutuhkan tambahan makanan lain untuk mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuhnya. Makanan untuk bayi 6 bulan tersebut biasanya disebut dengan makanan pendamping ASI (MPASI). Namun, tidak jarang juga ibu-ibu muda yang masih bingung mengenalkan MPASI pada bayinya.

Memang, sekarang ini telah banyak sekali produk MPASI instan yang dijual dipasaran. Akan tetapi tidak semua ibu merasa cocok makanan tersebut diberikan kepada bayinya. Ada ibu yang memang sengaja membuatkan MPASI rumahan sendiri untuk bayinya, yang pastinya lebih baik jika dibandingkan dengan MPASI instan.

Alpukat MPASI Rumahan Untuk Bayi

Ada beberapa macam jenis buah-buahan dan sayur-sayuran yang bisa dijadikan sebagai MPASI rumahan yang baik untuk bayi 6 bulan. Salah satu buah yang sering digunakan adalah buah alpukat.

Buah alpukat sering menjadi alternatif MPASI rumahan pertama yang diperkenalkan untuk bayi 6 bulan. Mengapa? Karena, selain buah alpukat memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi, tekstur buahnya juga sangat lembut sehingga sangat mudah untuk dicerna oleh bayi 6 bulan. Selain itu buah alpukat juga mengandung segala nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh bayi.

Berikut ini adalah resep dan cara membuat pure alpukat, makanan pendamping asi untuk bayi 6 bulan yang baik untuk kesehatan bayi dan bernutrisi tinggi.

Bahan pure alpukat :

  • 50 gram alpukat matang yang masih segar (ambil dangingnya kemudian pitong menjadi beberapa bagian)
  • 25 cc ASI perah atau bisa menggunakan susu formula

Cara membuat pure alpukat :

  1. Siapkan blender. Kemudian masukkan buah alpukat yang telah dipotong-potong menjadi beberapa bagian kemudian tambahkan dengan ASI atau susu formula.
  2. Blender sampai buah alpukat benar-benar halus kira-kira 3-4 menit.
  3. Sajikan dalam mangkuk kecil atau tempat makan bayi.
  4. Sajikan untuk satu kali makan (lebih cocok diberikan saat makan siang).
BACA JUGA:  Pemberian Makanan Balita Sesuai Umur

Menurut pakar nutrisi, buah alpukat bebas kolesterol dan sodium serta mengandung banyak nutrisi tinggi yang baik bagi kesehatan bayi termasuk folat, serat, vitamin E, potasium dan zat besi. Dalam satu buah alpukat juga mengandung 81 mikrogram Carotenoid Lutein, 3,5 gram lemak tak jenuh dan 19 mikrogram beta carotene. Semuanya itu berperan dalam pembentukan sistem saraf pusat dan otak.

Informasi tersebut semoga bisa menambah pengetahuan ibu dalam mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi 6 bulan dan menjaga kesehatan bayi.

sumber gambar : http://www.doktercantik.com/uploads/2014/11/masker-wajah-buah-alpukat.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Hanaroo Fluffy Blanket, Selimut Bayi Lucu

Hanaroo Fluffy Blanket, Selimut Bayi Lucu

Hanaroo Fluffy Blanket adalah selimut bayi dengan motif berbulu yang praktis untuk di gunakan. Salah ....
Sprei Waterproof yang Anti Air dan Anti Kotor

Sprei Waterproof yang Anti Air dan Anti Kotor

Sprei waterproof  merupakan sprei anti air dengan bahan yang berkualitas import. Dengan sprei ini, bunda ....
Kapsul Minyak Ikan Salmon

Kapsul Minyak Ikan Salmon

Kapsul Minyak Ikan Salmon Adalah Kapsul herbal Yang 100% terbuat dari minyak ikan salmon berguna ....