Kehamilan & Kelahiran

Breast Pump, Amankah?

Breast PumpIbu-ibu pekerja biasanya menggunakan breast pump untuk mengambil air susunya untuk kemudian disimpan di dalam botol sebagai persediaan ASI bagi bayinya sementara ia pergi bekerja. Atau, bisa juga digunakan bagi mereka yang kesulitan mengeluarkan ASI secara normal. Namun, amankah penggunaan breast pump ini?

Pada dasarnya, penggunaan breast pump ini tidak aman dan tidak dianjurkan kecuali dengan situasi yang darurat. Terlebih jika breast pump ini digunakan secara bergantian. Para konsultan laktasi tidak akan pernah merekomendasikan ini kepada Anda!

Jika memang dengan terpaksa Anda harus menggunakan breast pump untuk membantu mengeluarkan ASI, maka belilah yang baru. Jangan pernah menggunakan breast pump yang sudah pernah digunakan oleh orang lain. Mengapa?

Karena pada breast pump pribadi bersifat “terbuka”, yakni tidak memiliki system penyaring atau filter. Tidak sebagaimana breast pump yang ada di rumah sakit yang bersifat “tertutup”, sehingga dapat disterilkan dan didisinfeksi.

Partikel kecil dalam ASI ibu yang satu dapat masuk ke dalam motor/mesin breast pump, yang itu berpotensi untuk menyebarkan virus-virus menular yang berbahaya. Bagaimana jadinya jika bayi Anda meminum ASI yang terkontaminasi tersebut?

Ibu yang bijak, tahu jawabannya!

Sumber Gambar : https://acrappymom.files.wordpress.com/2014/03/electric-breast-pump-1.jpg
BACA JUGA:  Senam Ibu Hamil Plus Gambar