Bayi & Anak

Manfaat Sayuran Bagi Pertumbuhan Si Kecil

Manfaat Sayuran Bagi Pertumbuhan  Si KecilDi sekitar kita banyak orangtua yang mengeluhkan anak-anak mereka yang tidak suka makan sayuran. Pada kenyataannya memang hanya sedikit sekali ditemukan anak-anak yang suka makan sayuran. Bisa dibilang hanya 1-2 orang anak saja yang suka sayuran.

Padahal Sayuran banyak sekali manfaatnya bagi pertumbuhan si kecil. Oleh karena itu penting sekali untuk membuat anak mau makan sayuran. Berikut beberapa manfaat sayuran tubuh:

  • 1. Mengandung Pro-vitamin A

Sayuran yang berwarna mempunyai lebih banyak manfaatnya daripada sayuran yang tidak berwarna karena sayuran berwarna memiliki beta karoten yang berfungsi mengubah Pro-vitamin A yang terkandung dalam sayuran menjadi vitamin A.

Pro-vitamin A dalam sayuran berguna untuk pertumbuhan tulang, mata, rambut dan kulit si kecil. Selain itu bermanfaat juga untuk mengganti sel-sel tubuh, mengganti selaput lendir mata, dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi.

  • 2. Mengandung vitamin B kompleks

Karena sayuran mengandung vitamin B kompleks maka sayuran bisa membantu proses metabolisme pembentukan sel darah merah dan meningkatkan selera makan si kecil, menjaga sistem syaraf, membantu perubahan karbohidrat menjadi energi dan membantu sel tubuh menggunakan oksigen

  • 3. Mengandung Vitamin C

Vitamin C yang terkandung dalam sayuran penting untuk memelihara kesehatan gigi, gusi, kulit, otot dan tulang. Vitamin C juga bisa mempercepat penyembuhan luka, menambah daya serap tubuh atas zat besi dan dapat mencegah flu.

  • 4. Mengandung Vitamin E

Vitamin E dalam sayuran hijau penting untuk proses metabolisme dan menjaga kesehatan kulit dan otot.

  • 5. Mengandung Mineral yang dibutuhkan tubuh.

Beberapa mineral yang dibutuhkan tubuh seperti kalsium dan zat besi. Kalsium penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi, untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh dan berguna untuk perkembangan sel syaraf dan otak.

Sementara zat besi dalam sayur bisa mengangkut oksigen dari paru-paru keseluruh sel-sel tubuh, serta mencegah anemia.

Sumber: www.tabloidnova.com

Sumber Gambar : http://www.taghzya.com/uploads/2013/01/30776047.jpg