Kerajinan Tangan Dari Daun Pelepah Pisang Kering

bunga daun pelepah pisang

bunga daun pelepah pisang

Sebagain besar masyarakat menganggap daun pelepah pisang kering adalah sampah yang tidak berguna. Bahkan terkadang oleh orang tua dau pelepah pisang kering hanya dibakar begitu saja karena dianggap sampah yang mengotori kebun. Namun kini daun pelepah pisang kering dapat dijadikan sebagai kerajinan tangan yang indah dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Tangan-tangan kreatiflah yang menjadikan limbah daun kering menjadi kerajinan tangan yang mendatangkan rezeki dan dapat dijadikan sebagai peluang usaha.

Kerajinan tangan dari daun pelepah pisang kering merupakan kerajinan tangan yang gampang-gampang susah, yang penting adalah niatnya untuk belajar. Kerajinan tangan dari daun sebaiknya menggunakan daun yang berjatuhan di tanah, mulai dari daun yang berwarna kuning hingga daun yang berwarna cokelat dan benar-benar kering. Berikut ini adalah cara membuat kerajinan tangan dari daun pelepah pisang kering.

Bahan :

  1. Daun pelepah pisang kering.
  2. Straples.
  3. Lidi atau kawat kaku yang panjang.
  4. Kertas kreps warna hijau.
  5. Pylox.

Alat :

  1. Gunting.
  2. Penggaris.
  3. Pulpen.

Cara membuat kerajinan tangan dari daun pelepah pisang kering :

  1. Siapkan daun pelepah pisang yang sudah kering, kemudian buat pola daun pisang dengan menggunakan pulpen. Polanya berbentuk segitiga (pola segitiga ini di buat untuk di jadikan sebagai mahkota bunga). Usahakan membentuk pola menggunakan gunting jangan menggunakan cutter.
  2. Masukkan lidi di tengah pola yang telah dibuat. Kemudian bentuk pola segitiga yang telah dibuat menjadi sebuah kerucut.
  3. Siapkan daun pelepah pisang yang sudah kering, kemudian buat pola daun pisang dengan menggunakan pulpen. Pola yang kedua ini berbentuk oval panjang (pola ini di buat untuk di jadikan kelopak bunga). Buat pola sebanyak 5 buah untuk setangkai bunga.
  4. Ambil 1 buah pola oval lalu buat pola tersebut menjadi agak melengkung seperti daun pada umumnya dengan cara menggesekkan nya dengan penggaris.
  5. Ambil satu pola segitiga yang telah dibentuk menjadi kerucut, kemudian ambil satu pola oval yang sudah melengkung dan selanjutnya di straples di bagian ujung pola melengkung dengan bagian luar kerucut (yang di balik). Lalu ambil lagi pola melengkungnya dan di straples lagi sampai 5 buah. Lalu di pylox sesuai warna bunga.
  6. Untuk mempercantik bunga, masukkan beberapa tangkai bunga dari daun kering ke dalam  vas atau pot, pot bisa juga di buat dari botol air mineral bekas biar lebih unik, dan di warnai dengan pylox.

Itulah proses pembuatan kerajinan tangan dari daun pelepah pisang kering yang dapat menjadi panduan jika Anda tertarik untuk membuatnya. Semoga dapat bermanfaat dan selamat berkreasi.

sumber gambar : http://1.bp.blogspot.com/_JlFDkaL0mrk/SV9dir7pnAI/AAAAAAAAABA/0aXs6SUZ7oo/s320/DSC00076.JPG

6 Komentar

  1. sulit untuk membuatnya, daunnya terlalu lemas. tpi trimakasih aku tlah brhasil membuatnya. thank you :):):):):):)

Komentar