Kesehatan

Kegunaan Minyak Cengkeh Untuk Kesehatan

Share Yuk!

cengkehTidak hanya sebagai bumbu masakan, cengkeh juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Ekstrak minyak yang dihasilkan dari tanaman cengkeh bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan. Seperti misalnya untuk minyak pijat, obat kumur, membantu relaksasi, dan meredakan demam. Selain itu masih banyak kegunaan minyak cengkeh untuk kesehatan, diantaranya:

Mengobati sakit gigi

Minyak cengkeh adalah salah satu obat alami paling efektif untuk sakit gigi. Minyak ini digunakan untuk mengurangi rasa sakit di gigi dan gusi. Minyak cengkeh juga ampuh memerangi setiap infeksi mulut. Pada gigi yang berlubang, sumbat dengan kapas yang telah diteteskan dengan minyak cengkeh. Atau, 10 butir cengkeh disangrai sampai halus, lalu digiling halus, dimasukkan pada lubang gigi secukupnya, lalu ditutup dengan kapas. Lakukan dua kali sehari.

Anti-bakteri

Minyak cengkeh memiliki sifat antibakteri yang bermanfaat untuk berbagai hal. Infeksi pada luka ringan dan sengatan serangga bisa dihindarkan dengan mengoleskan minyak cengkeh pada luka.

Anti-mikroba

Minyak cengkeh merupakan antimikroba yang efektif. Menambahkan beberapa tetes minyak cengkeh dalam sabun atau lotion akan membantu membunuh kuman. Teteskan minyak cengkeh pada tisu dan hirup uapnya untuk mencegah flu ketika berada di tempat-tempat ramai.

Anti-inflamasi

Otot yang lelah selama bekerja keras akan mendapatkan keuntungan dari sifat anti-inflamasi minyak cengkeh. Campur minyak cengkeh dengan minyak pembawa (carrier) seperti jojoba atau lotion untuk membuat krim pijat. Minyak cengkeh juga bermanfaat bagi penderita bronkitis dan asma karena mengurangi peradangan pada saluran hidung dan membantu mengencerkan lendir.

Anastesi

Minyak cengkeh telah digunakan selama berabad-abad oleh dokter gigi untuk membantu menghilangkan iritasi mulut dan mengurangi rasa sakit akibat pembengkakan yang disebabkan oleh gigi yang terinfeksi.

BACA JUGA:  Manfaat Imunisasi Bagi Kesehatan Anak

Anti-jamur

Minyak cengkeh bisa digunakan untuk membantu melawan infeksi jamur. Kondisi seperti jamur pada kuku bisa diredakan dengan mengambil kapsul minyak cengkeh dan mengoleskan minyak cengkeh pada kulit.

Aroma terapi

Minyak cengkeh merupakan pereda stres alami. Didihkan minyak cengkeh dan air di atas kompor. Uap minyak cengkeh yang mengisi ruangan akan membuat rileks pikiran. Aroma minyak cengkeh telah dikenal memiliki efek relaksasi dan bermanfaat untuk orang dengan gangguan tidur.

Obat sakit pernapasan

Minyak cengkeh digunakan untuk mengobati penyakit pernapasan seperti batuk, asma dan bronkitis. Cengkeh meringakan batuk dan menghilangkan dahak di bronkitis. Selain itu, minyak cengkeh juga bersifat anti inflamasi lho.

Pencernaan

minyak cengkehMinyak cengkeh dapat meningkatkan metabolisme, dengan menaikkan sirkulasi darah dan mengurangi suhu tubuh. Proses itu akhirnya meningkatkan gerakan usus. Orang dengan masalah pencernaan dapat mengonsumsi1-2 tetes minyak cengkeh, yang dicampur dengan segelas air panas. Ingat, Anda tak boleh mengonsumsinya dalam jangka panjang. Hal itu malah menyebabkan kerusakan hati atau ketidakseimbangan cairan dalam tubuh.

Sistem kekebalan tubuh

Minyak cengkeh dipercaya ampuh dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cengkeh dapat memurnikan darah dan berperan sebagai anti-virus.

Diabetes

Cengkeh dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Sebelum mengkonsumsinya sebagai obat, berkonsultasilah dengan dokter terkait takaran dosis yang tepat.

Menghilangkan bau mulut

Selain untuk mengatasi sakit gigi, cengkeh juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau napas. Caranya 10 butir cengkeh dicuci lalu diseduh dengan 200 cc air panas, diamkan selama lima menit. Setelah dingin, saring dan airnya dipakai untuk kumur-kumur. Lakukan setiap hari secara rutin.

Mengatasi sinusitis

Ambil cengkeh yang telah dikeringkan secukupnya, giling sampai menjadi bubuk, lalu ditiupkan ke hidung dengan menggunakan sedotan dengan ukuran secukupnya.

BACA JUGA:  Tips Untuk Meningkatkan Gairah Seksual

Mengobati rasa mual

Sebagai obat mual, ambil 10 butir cengkeh, 20 gram asam jawa, dan gula aren secukupnya. Rebus semua bahan dengan 400 cc air sampai tersisa 200 cc. Kemudian ramuan disaring dan diminum selagi hangat untuk dua kali sehari, setiap kali minum sebanyak 100 cc.

Melihat banyaknya manfaat dari minyak cengkeh yang kita bisa ambil, tidak ada salahnya bila Anda mulai memanfaatkan obat herbal minyak cengkeh untuk mengatasi masalah kesehatan yang Anda hadapi saat ini. Salah satu produk dari minyak cengkeh yang bisa Anda dapatkan seperti misalnya Hersagi yang bisa mengatasi sakit gigi.

Sumber gambar :
1. http://4.bp.blogspot.com/-cFWYO9ymhmQ/Tx9u1Dn-HQI/AAAAAAAAAF8/7ShrbrkfMjg/s1600/cengkeh.jpg
2. http://www.cafeberita.com/uploads/2012/07/5-Efek-Samping-Minyak-Cengkeh.jpg
Share Yuk!