Kecantikan

Buah Kemiri Atasi Masalah Rambut Anda

 

kemiriBuah kemiri (Aleurites javanica) merupakan salah satu tanaman yang sudah lama dikenal di Indonesia, buah kemiri menyerupai batu kecil dengan bentuk bulat menyerupai bola, kulit bijinya sangat keras. Begitu banyak kandungan yang terdapat dalam kemiri, diantaranya yang pertama adalah kandungan mineral kalium, fosfor, magnesium dan kalsium merupakan kandungan mineral yang mendominasi dalam biji kemiri. Yang kedua adalah kandungan zat gizi mikro adalah protein, lemak dan karbohidrat. Lalu yang ketiga zat non-gizi yang menurut penelitian sangat bermanfaat bagi kesehatan, yaitu polifenol, saponin juga flavonoida.

Protein yang terdapat dalam kemiri yaitu terdiri atas asam amino essential juga non essential. Asam amino essential sangatlah penting bagi tubuh karena dapat membentuk antibodi. Sedangkan asam amino non essential terutama asam glutamat dapat menggurihkan makanan dan memberi rasa nikmat pada masakan, sehingga orang suka menggunakan kemiri sebagai penggurih rasa pengganti MSG.

Buah kemiri biasanya dimanfaatkan sebagai salah satu rempah-rempah dalam masakan. Selain sebagai bumbu, manfaat kemiri untuk kesehatan adalah sebagai obat alami penyakit seperti diare, disentri, sakit perut, sembelit, demam, sariawan, sakit gigi, hingga bisul. Manfaat lainnya  adalah untuk kecantikan, dimana kemiri yang diolah menjadi bubuk kasar bisa digunakan sebagai scrub yang bisa membantu menyehatkan kulit. Scrub yang digunakan akan menghilangkan kulit mati dan menggantinya dengan kulit yang lebih sehat. Buah kemiri sudah lama dipercaya oleh sebagian besar penduduk Indonesia mempunyai manfaat sebagai obat alami penyubur rambut dan dapat mengurangi kerontokan rambut, tapi harus rajin memakainya agar rambut lebih indah dan tebal, juga tidak rontok lagi.

Manfaat ini bisa terasa jika kemiri diolah menjadi minyak kemiri. Minyak kemiri digunakan secara langsung ke kulit kepala dan dilakukan pemijatan, diamkan beberapa saat dan bilas hingga bersih. Minyak kemiri ini juga bisa memperkuat dan memperbaiki tumbuhnya rambut. Anda bisa merasakan manfaat kemiri untuk rambut jika penggunaannya rutin seminggu tiga kali. Penggunaan yang hanya sekali atau jarang dilakukan tidak akan memberikan hasil yang optimal.

Berikut manfaat kemiri untuk rambut dapat ditemukan dalam minyak kemiri, antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Menghentikan kerontokan rambutBlack Magic Shampo Kemiri
  2. Menyuburkan rambut
  3. Membuat rambut hitam berkilau
  4. Menebalkan rambut sehingga menjadi lebat mengembang
  5. Menumbuhkan kembali rambut

Manfaat kemiri sebagai penyubur rambut, dapat dilakukan dengan cara :

Siapkan 6 biji kemiri lalu bakar 30 menit/ sampai menghitam.  Agar lebih mudah pada saat pembakaran tusukkan pada tusuk sate. Angkat kemiri setelah berubah menjadi hitam kemudian kemudian haluskan, untuk menghasilkan minyak beri air secukupnya dan masak hingga minyaknya ke luar.  Oleskan minyak tersebut pada kulit kepala dan rambut hingga merata lalu diamkan beberapa saat setelah itu bilas dengan air sampai bersih. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, perawatan dilakukan dengan teratur dalam seminggu dapat dilakukan 3x dan rambut akan terlihat lebih sehat, subur, kuat dan hitam.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan produk minyak kemiri yang siap pakai seperti Minyak Kemiri, dan Black Magic Kemiri Shampo, atau juga minyak kemiri.

PENTUNG UNTUK ANDA

Sumber gambar: http://tamarindogroup.com/uploads/2014/08/Manfaat-Kemiri-Untuk-Kesehatan-Rambut-2-500x268.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Shampoo Kemiri Syuga Atasi  Masalah Rambut Rontok, Kusam, Patah-Patah

Shampoo Kemiri Syuga Atasi Masalah Rambut Rontok, Kusam, Patah-Patah

Black Magic sekarang menjadi Shampoo Kemiri Syuga adalah Shampo untuk pemanjang rambut, penumbuh rambut dan penghalus rambut ....
Suburkan Rambut Dengan Minyak Kemiri

Suburkan Rambut Dengan Minyak Kemiri

Suburkan rambut dengan minyak kemiri adalah cara alami yang dapat digunakan untuk menghitamkan dan menguatkan ....