Bayi & Anak, Keluarga, Kesehatan, Tumbuh Kembang Anak

Nutrisi Untuk Pertumbuhan Mata Bayi

Share Yuk!

mata bayi

Mata adalah bagian indera manusia yang sangat penting yang digunakan untuk melihat objek sekitar. Semakin sehat mata seseorang, maka akan semakin jelas dan tajam pula objek yang bisa dilihatnya.

Untuk mendapatkan mata yang sehat dan indah, maka Anda harus memberikan beberapa nutrisi terbaik sejak dini terutama pada bayi Anda yang sedang tumbuh.

Saat lahir, bayi belum dapat melihat sempurna. Bayi perlu waktu sampai matanya benar-benar bisa melihat suatu objek dengan fokus dan jelas. Melalui mata, otak mengkoordinasikan objek dan mengingat apa yang mata lihat. Untuk menunjang pertumbuhan mata yang sehat, maka diperlukan nutrisi yang tepat.

Berikut kami informasikan nutrisi untuk pertumbuhan mata bayi :

Vitamin A

Vitamin A adalah zat yang sangat penting karena memiliki fungsi untuk menjaga perkembangan/pertumbuhan pada bagian kornea mata dan bagian yang disebut selaput konjungtiva. Tidak hanya itu saja, Vitamin A juga memiliki peranan vital bagi kinerja retina dan berperan membantu mata untuk beradaptasi dengan cahaya terang ataupun gelap.

Vitamin A adalah salah satu Nutrisi terbaik untuk pertumbuhan Mata Bayi yang sangat disarankan oleh para ahli, jadi jangan sampai terlewatkan. Makanan yang mengandung Vitamin A berasal dari sayuran berwarna kuning jingga seperti wortel, berasal dari buah-buahan yang berwarna merah agak jingga seperti tomat, semangka, arbei, dan mangga, sayuran berwarna hijau seperti brokoli. Selain itu vitamin A juga bisa diperoleh dari makanan hewani seperti hati, daging, dan telur.

Vitamin E dan Cvit c

Vitamin C bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena penyakit mata yang berbahaya seperti katarak. Sedangkan Vitamin E bermanfaat untuk menghambat perkembangan penyakit katarak pada mata. Makanan yang mengandung Vitamin C berasal dari buah-buahan yang berasa masam / kecut seperti jeruk, belimbing, stroberi, dan mangga, sayuran seperti bayam, kangkung, brokoli, dan paprika. Makanan yang mengandung Vitamin E berasal dari bahan makanan berupa kacang-kacangan.

BACA JUGA:  Penyakit Anak Dengan Gejala Batuk

Taurin dan Lutein

Taurin sangat bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan retina mata, selain itu kekurangan taurin akan bisa menyebabkan mata mudah terserang penyakit seperti rabun mata. Sementara Lutein sangat dibutuhkan sebagai penunjang perlindungan retina mata dari sinar yang berbahaya. Makanan yang mengandung Taurin bisa didapatkan dari susu dan daging merah. Makanan yang mengandung Lutein paling besar didapatkan dari ASI.

AA dan DHA

Asam arakidonat (arachidonic acid/AA) dan asam dokosaheksaenoat (docosahexaenoic acid/DHA) adalah suatu asam lemak tak jenuh ganda rantai panjang yang  merupakan fondasi utama pembangun jaringan saraf di retina (saraf mata) dan otak. Kandungan AA dan DHA bisa Anda dapatkan dari ASI atau bisa juga berasal dari lemak ikan laut dalam seperti ikan kembung, tengiri, dan salmon.

Selenium dan zinc

Untuk melindungi mata dari radikal bebas, mencegah penyakit mata, dan melindungi mata dari kerusakan oksidatif oleh sinar radiasi ultraviolet (UV), perbanyak makanan yang mengandung Selenium dan Zinc karena mineral-mineral ini membantu tubuh menyerap antioksidan. Selenium banyak terkandung dalam kacang kedelai, kacang polong, susu rendah lemak, dan makanan laut (ikan, kerang, udang). Sedangkan zinc bisa diperoleh dari keju, yogurt, daging merah, dan beberapa sereal yang diperkaya dengan mineral zinc.

Nutrisi diatas ini tentu saja tidak akan bisa diberikan pada bayi yang masih berumur 0-6 bulan karena belum memiliki pencernaan yang sempurna dan hanya ASI saja yang cocok. Jadi, untuk memberikan nutrisi ini adalah melalui sang ibu sendiri. Nutrisi baru diberikan kepada anak Anda jika sudah berumur 6 bulan keatas seperti Madu Syifa Kids Mata Sehat Untuk Menjaga Kesehatan Mata Buah Hati Anda.

Sumber Gambar:
1.http://dealcetera.com/similac-canada-welcome-addition-club-free-formula-diaper-bag-canadian-coupons-booklet-more/
2.http://www.hangthebankers.com/vitamin-c-lowers-blood-pressure-improves-vascular-function-to-lower-heart-attack-and-stroke-risk/
Share Yuk!