Kesehatan

Cara Agar Terhindar Dari Sakit Mata

mata sakitMata adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting bagi kehidupan kita, karena itu jangan sampai mengabaikan kesehatan mata kita. Jika mata kita sakit, penglihatan kita akan terganggu dan tentunya akan mengganggu aktifitas kita juga. Terganggunya fungsi mata sebagai alat indera bisa terjadi pada bagian fisik mata dan juga bagian dalam mata.

Gangguan mata bisa terjadi akibat adanya masalah kesehatan, trauma, infeksi atau penyakit berat, perubahan hormonal atau bisa juga karena kebiasaan misalnya mengucek mata, kebersihan mata yang kurang, dan malas membersihkan mata. Anda perlu ketahui, seringkali mata kita tampak merah di salah satu sisi atau bahkan perih yang tak kunjung hilang, dan itu bisa jadi salah satu gejala awal dari sakit mata. Selain itu, ada beberapa gejala jika mata Anda mengalami gangguan, diantaranya:

Mata berair

Air mata memang bisa membantu melumasi mata dan mengeluarkan benda asing dan partikel, tapi jika mata memproduksi jumlah air mata yang berlebihan atau selalu berair maka hal tersebut tidaklah wajar. Mata yang berair disebabkan oleh beberapa sebab seperti saluran tersumbat, iritasi, adanya benda asing atau karena alergi.

Gatal-Gatal dan Rasa Terbakar

Infeksi virus dan bakteri, paparan pada bahan pengotor atau polutan seperti asap rokok dan asap kendaraan bisa menyebabkan mata gatal dan rasa terbakar, karena saat itu histamine dan kimia lainnya dilepaskan oleh mata.

Mata merah

Suatu mata yang sehat seharusnya mempunyai pembuluh darah merah yang terlihat (visible). Mata merah yang kronis dan berlebihan adalah suatu tanda mata teriritasi, dan kemungkinan oleh suatu alergi, atau batuk yang berlebihan.

Lingkaran Hitam Sekeliling Mata

Lingkaran hitam di sekeliling mata akibat dari menggosok dan menggaruk yang terus menerus dari, yang menyebabkan suatu efek penggelapan.

Kepekaan Cahaya (photophobia)

Photophobia adalah suatu ketidakmampuan seseorang untuk mentoleransi cahaya terang yang masuk ke mata. Hal ini dapat dihubungkan pada alergi atau suatu kondisi yang lebih serius, seperti mata kering atau katarak.

Pembengkakkan Kelopak Matafimatha

Gejala-gejala berhubungan dengan mata dapat mengindikasikan suatu kondisi yang memerlukan perawatan darurat segera. Gejala-gejala lain mungkin tidak memerlukan perhatian segera dari dokter. Mata yang tiap waktu kecuali tidur kita gunakan tentu kadang akan mengalami gangguan. Oleh sebab itu, kita harus senantiasa merawat dan menjaga kesehatan mata dengan baik supaya tetap sehat. Anda bisa melakukan beberapa cara agar terhindar dari sakit mata, seperti:

  1. Menghindari menyentuh mata setelah bepergian atau menyentuh barang-barang orang yang sakit mata. Biasakan untuk selalu mencuci tangan terlebih dahulu atau menggunakan cairan pembersih tangan sebelum menyentuh mata.
  2. Menghindari berbagi barang pribadi seperti handuk, kacamata, sapu tangan, perias mata atau lensa kontak dengan orang lain.
  3. Tidak mengucek-ucek mata tanpa mencuci tangan terlebih dahulu untuk mencegah goresan mata dan infeksi dari kuman yang mungkin menempel di tangan, karena tangan tidak selalu berada dalam kondisi steril.
  4. Menggunakan pelindung mata seperti kacamata jika berada di tempat-tempat yang beresiko tertular sakit mata atau jika sedang mengendarai sepeda motor agar tidak terkena debu yang dapat menyebabkan iritasi.
  5. Memperhatikan kebersihan dari kacamata atau lensa kontak yang digunakan.
  6. Jika Anda sedang menonton televisi, biasakan menggunakan penerangan dan jarak yang benar
  7. Bacalah buku di tempat yang terang dan jaraknya tidak terlalu dekat. Jangan terbiasa untuk membaca di tempat tidur dengan posisi sambil tiduran.
  8. Gunakan kaca mata khusus bila anda sedang berenang supaya mata tidak mudah pedih dan merah.

Siapapun dapat terkena sakit mata, karena penularan sakit mata biasanya sangat mudah. Jadi mulai dari sekarang, Anda harus rajin memperhatikan kesehatan mata Anda agar tidak terjadi gangguan pada mata Anda. Menjaga kesehatan mata juga bisa dengan menggunakan obat herbal tetes mata seperti Fimatha, , Herba Aini,  dan . Selamat mencoba.

PENTING UNTUK ANDA

Sumber Gambar:
1. http://natureterapi.blogspot.com/2012/12/mengatasi-sakit-mata.html
2. http://pondokibu.com/produk/herbal-tetes-mata/fimatha-herbal-kesehatan-mata-untuk-membantu-menjaga-kesehatan-mata-anda