Kesehatan

Purin Berlebih Dapat Menyebabkan Asam Urat

Share Yuk!

penyakit asam uratPenyakit asam urat sekarang tidak hanya diderita oleh orang dewasa lebih dari 35 tahun, tapi umur 20 tahun lebih juga sudah banyak yang terkena penyakit tersebut. Penyakit asam urat merupakan penyakit yang menyerang sendi dan tendon Sakit pada sendi disebabkan penumpukan asam urat yang lama-kelamaan membentuk kristal pada sendi. Kondisi itu jika terlalu lama akan mengakibatkan peradangan.

Asam urat memiliki tanda-tanda rasa nyeri sendi, terutama pada jempol kaki yang kemudian merambat ke persendian kaki. Nyeri pada bagian persendian itu bisa dikendalikan dengan obat. Tetapi, untuk mendapatkan kesehatan maksimal, penderita asam urat wajib diet ketat terhadap makanan pencetus purin. Purin merupakan satu senyawa yang memicu penimbunan kristal pada persendian.

Penderita asam urat, perlu menerapkan pola makan sehat yang seimbang. Pola itu dilakukan dengan memilih karbohidrat kompleks berupa buah, sayuran, beras merah, protein tanpa lemak seperti yang terdapat pada tempe dan tahu, dan lemak esensial yang sehat, dan yang paling penting tentu harus mengenali makanan rendah purin.

Makanan rendah purin itu diantaranya pisang, selada, kol merah, kubis, paprika, dan buah berasa asam seperti jeruk dan mangga. Jenis sayuran bayam, asparagus, jamur, kacang polong, dan kembang kol diketahui mengandung purin tetapi dalam kadar sedang, dengan demikian tetap diperkenankan untuk dikonsumsi.

Sebaliknya, penderita asam urat harus menghindari makanan tinggi purin karena purin berlebih dapat menyebabkan asam urat. Makanan tinggi purin seperti ikan teri, sarden, jeroan seperti hati, paru, babat dan iso. Makanan tinggi purin lainnya yaitu kacang goreng, ekstrak daging, dan minuman beralkohol.

Penanganan pada penyakit asam urat tentu saja tidak hanya berhenti pada diet asupan non purin atau rendah purin. Disamping obat-obatan resep dokter, tidak ada salahnya mengkonsumsi juga herbal alami untuk alternatif penyembuhan. Pemilihan bahan alami untuk mengurasi nyeri asam urat bisa dilakukan dengan mendeteksi jenis bahan apa saja yang memiliki khasiat anti inflamasi atau anti-peradangan. Secara alami banyak yang sudah mencoba dengan daun sambiloto, kunyit putih, temulawak, dan lain-lain yang memiliki khasiat serupa.  Anda juga bisa mengkonsumsi kapsul ekstrak songgolangit, kapsul ekstrak tempuyung, dan herbasam.

BACA JUGA:  Cara Menggendong Bayi Baru Lahir Sesuai Usianya

Cara sehat lain yang bisa dilakukan yakni dengan banyak minum air putih setidaknya rutin delapan gelas sehari atau ditambah jus buah segar seperti tomat, jeruk, mangga, dan nanas. Aktivitas tubuh seperti olahraga teratur ringan semacam jalan kaki, jogging dan yoga juga mendukung tubuh tetap bugar dan menjaga kekuatan otot persendian.

Cara mengatasi asam urat

  • Jangan minum aspirin
  • Bila membutuhkan obat pengurang sakit, pilih jenis ibuprofen dan lainnya
  • Perbanyak minum air putih, terutama bagi penderita yang mengidap batu ginjal
  • Air putih berfungsi juga untuk mengeluarkan kristal asam urat di tubuh
  • Makan makanan yang mengandung potasium tinggi seperti sayuran dan buah-buahan, kentang, alpukat, pisang, susu dan yoghurt.
Sumber gambar :http://herbalkanker.biz/uploads/2012/08/Penyakit-Asam-Urat.jpg
Share Yuk!