Kesehatan

Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh

daun salamDaun salam (Syzygium polyanthum) adalah salah satu jenis rempah-rempah yang sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat, apalagi bagi kalangan ibu rumah tangga. Daun salam sendiri saat ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan pelengkap dan penyedap alami pada masakan karena aromanya yang khas. Namun, selain manfaatnya sebagai penyedap makanan, daun salam ternyata juga menyimpan sejuta manfaat lain bagi kesehatan.

Khasiat daun salam ini ternyata bersumber dari kandungan senyawa penting yang ada di dalamnya. Berdasarkan penelitian, diketahui bahwa daun dengan warna hijau tua ini mengandung minyak esensial sebanyak 0,17 % per gramnya. Jika diurai, di dalam minyak ini tersimpan sejumlah zat antara lain eugenol dan juga metil kavikol. Ekstrak daun salam diketahui bersifat anti bakteri, anti cacing dan juga anti jamur. Selain senyawa tersebut, daun salam juga diketahui banyak mengandung senyawa seperti tannin, minyak atsiri dan juga flavanoida.  Minyak atsiri inilah yang menjadi biang aroma pada daun salam.

Daun salam terbukti memiliki kandungan berbagai jenis nutrisi yang sangat berguna bagi tubuh, seperti zat besi, kalsium, vitamin A, vitamin C, serta vitamin B6-B9. Selain kandungan vitamin dan mineral, daun salam juga mengandung beberapa antioksidan dan senyawa kimia seperti pinene, limonene, neral, serta catechin yang memiliki manfaat untuk menghambat pertumbuhan sel-sel abnormal dalam tubuh. Manfaat daun salam untuk kesehatan tubuh antara lain:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin yang terkandung dalam daun salam membuat daun ini bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari berbagai penyakit. Anda bisa menambahkan daun salam dalam setiap masakan atau mengolahnya menjadi teh untuk mengambil manfaat daun salam sebagai peningkat daya imunitas tubuh.

2. Menurunkan berat badan 

Teh daun salam ternyata bisa menjadi salah satu solusi bagi kita yang sedang diet. Kandungan beberapa jenis senyawa kimia, enzim, dan serat dalam daun salam ternyata memiliki khasiat untuk melancarkan sistem pencernaan manusia.

Langkah-Langkah:

  • Siapkan 30 lembar daun salam
  • Cuci hingga bersih lalu rebus dalam empat gelas air putih
  • Tunggu sampai mendidih hingga airnya hanya tersisa setengahnya
  • Tunggu hingga dingin dan minum secara rutin dua gelas per hari

Dianjurkan untuk meminum teh daun salam ini sebelum tidur.

3. Mengatasi hipertensi (tekanan darah tinggi)

Kandungan zat tanin dan flavonoida yang cukup tinggi dalam daun salam memungkinkannya untuk menjadi obat herbal bagi penderita hipertensi. Caranya adalah dengan mengolah daun salam menjadi teh dengan cara cuci 10 lembar daun salam (kering atau basah), rebus dengan 3 gelas air, tunggu sampai mendidih dan tersisa 1 gelas air saja. Minum secara teratur satu kali sehari.

4. Mengobati penyakit asam urat

Daun salam memiliki cukup banyak kandungan vitamin C dan Vitamin B kompleks yang sangat berguna dalam penyembuhan asam urat. Caranya : ambil 10 lembar daun salam kering, cuci sampai bersih dan rebus dalam 10 gelas air hingga tersisa sekitar 7 gelas.

5. Mengobati diare dan maag

Mengobati diare dan maag dengan daun salam dengan cara : siapkan 20 lembar daun salam, cuci hingga bersih dan rebus dalam 2 liter air. Tambahkan 2 sendok makan garam dalam air rebusan. Rebus sampai mendidih dan minum ramuan ini secara teratur selama masih mengalami diare.

6. Sebagai obat batuk

Langkah-Langkah:

  • Siapkan 7 lembar daun salam kering, 1 buah lemon atau jeruk nipis, dan 3 sendok makan madu.
  • Rebus daun salam dalam dua gelas air.
  • Tunggu hingga mendidik sampai air rebusannya hanya tersisa setengahnya saja.
  • Tunggu hingga dingin dan campurkan madu serta air perasan lemon.
  • Minum ramuan ini secara teratur selama masih batuk.

Manfaat daun salam juga bisa Anda dapatkan dalam kemasan praktis seperti kapsul daun salam.

Sumber gambar : http://lh3.ggpht.com/-aETAOf1_wZY/UoDb9MDuqoI/AAAAAAAAD0U/i_v6zKs4u7U/4-3398_sbrgjpg3_thumb%25255B3%25255D.jpg?imgmax=800