Bayi & Anak, Kesehatan

Cara Menggosok Gigi Yang Benar Demi Kesehatan Anak

cara menggosok gigi yang benarMenjaga kesehatan anak tidak terkecuali kesehatan gigi merupakan hal yang sangat penting. Gigi adalah salah satu alat yang mempunyai fungsi penting bagi tubuh. Dengan gigi yang sehat maka proses mengunyah makanan akan menjadi lebih mudah. Dengan gigi yang sehat maka kesehatan mulutpun akan terjaga. Lain halnya jika kesehatan gigi anak terganggu, biasanya anak akan susah makan karena terganggu dengan sakit giginya.

Untuk menjaga kesehatan gigi anak agar terbebas dari segala masalah gigi maka perlu melakukan perawatan gigi sejak usia dini. Menggosok gigi adalah cara yang benar dan bagus untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Biasakan anak Anda menggosok gigi secara teratur, waktu yang tepat untuk menggosok gigi adalah setelah selesai makan dan sebelum tidur. Lakukan menggosok gigi secara menyeluruh dan merata. Berikut ini adalah cara menggosok gigi yang benar demi kesehatan anak.

  1. Jangan menggunakan pasta gigi jika anak belum bisa meludah atau berkumur karena kemungkinan besar pasta gigi akan tertelan. Namun, jika anak sudah bisa berkumur maka Anda dapat menggunakan pasta gigi anak sedikit.
  2. Untuk berkumur sebaiknya menggunakan air matang, sehingga tidak akan berbahaya jika anak tidak sengaja menelannya.
  3. Menggosok gigi dari depan, dari bagian gusi ke gigi. Sebaiknya gosok gigi searah dan tidak bolak balik. Untuk bagian gigi yang dalam yang disebut dengan gigi geraham, gosoklah gigi dari dalam ke arah luar dengan satu arah hingga bersih.
  4. Menggosok gigi minimal 8 kali gosokan pada setiap bagian gigi, baik gigi bagian depan maupun gigi bagian belakang agar semua sisa makanan yang tertinggal di gigi dapat terbuang. Alihkan perhatian anak misalnya dengan mengajaknya berhitung agar kegiatan menggosok gigi dapat berjalan dengan menyenangkan.
  5. Setelah bersih menggosok gigi, kumur-kumur sebanyak 3 kali sampai mulut bersih dari sisa pasta gigi dan kotoran dalam mulut juga hilang terbawa air.
  6. Gunakan sikat gigi anak sesuai dengan usia yang tercantum dalam kemasan sikat gigi, hal itu untuk menghindari anak terluka saat menggosok gigi karena rongga mulut anak masih kecil sehingga mudah terluka. Jika menggunakan sikat gigi khusus anak seluruh bagian gigi anak juga dapat terjangkau dengan baik.

Itulah tips perawatan gigi dengan cara menggosok gigi yang benar untuk menjaga kesehatan gigi anak. Semoga dapat bermanfaat bagi para bunda dan salam sehat.

PENTING UNTUK ANDA : 

sumber gambar : http://www.brecodent.it/brecodent/uploads/2012/03/pedodonzia.jpg